spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berdampak ke Roda Perekonomian, Harap Perahu Panjang Masuk Kalender Pariwisata

TANJUNG REDEB – Perlombaan perahu panjang yang selalu digelar setiap tahun dianggap Ketua DPRD Berau, Madri Pani layak masuk kalender pariwisata dan dijadikan event nasional.

Dia menuturkan, dalam perlombaan perahu panjang tersebut, terdapat 36 peserta dari berbagai kampung dan kelurahan dari beberapa kecamatan.

“Dengan adanya lomba perahu panjang, saya nilai bisa menjadi daya tarik wisatawan juga, karena terbukti banyak masyarakat yang menonton,” ungkapnya.

Dirinya mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk sering mengadakan perlombaan perahu panjang tersebut.

“Tetapi panitia yang ditunjuk harus selektif, karena sempat ada interupsi akibat adanya dugaan peserta dari luar Berau,” tegasnya.

Madri tidak menyalahkan adanya peserta dari luar, namun karena ini eventnya lokal, sebaiknya memprioritaskan para warga lokal terlebih dahulu. Jika ingin, membawa atlet luar, sebaiknya dibuat event yang lebih besar, dengan mengundang daerah lain. Tentu hal ini menjadi sangat menarik.

“Jadi gini, kegiatannya bisa diarahkan ke lebih besar, hadiahnya dibesarkan lagi, saya yakin, banyak daerah lain yang mau ikut,” ujarnya.

Baca Juga:   Minta Pemkab Berau Maksimal Jalankan Perda Tentang Pembiayaan Transportasi Jamaah Haji

Di sisi lain, dengan adanya perlombaan perahu ini, berpengaruh besar pada perputaran ekonomi di daerah Tepian Ahmad Yani, dan Tepian Gunung Tabur. Ratusan warga berkumpul, untuk menyaksikan kegiatan tersebut dan mendorong mereka, untuk membeli jajanan pelaku UMKM.

“Itu pasti, makanya, kegiatan seperti ini, bisa sering dilakukan. Selain menjadi daya tarik wisatawan, juga meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER