test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Banjir Kiriman BPBD Minta Warga Siaga

TANJUNG SELOR – Bencana banjir melanda
sejumlah wilayah desa dan kecamatan di Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) Rabu (29/5/2024).

Kondisi ini berpotensi merembet ke Kabupaten Bulungan di Kecamatan Peso dan Peso Hilir.

Saat dikonfirmasi wartawan, Camat Peso, Joni Kuleh memastikan bahwa wilayahnya masih aman dari banjir, meski saat ini daerah Kecamatan Pujungan, Malinau dilanda bencana banjir.

Dia berharap, musibah banjir tersebut tidak sampai menimpa di wilayah Kecamatan Peso dan sekitarnya. “Saat ini aman, dan mudahan tidak sampai di sini (Kecamatan Peso red), ” kata Joni Kuleh.

Namun demikian, diprediksi bahwa akan ada banjir kiriman. Debit air saat ini masih sekitar 2 meter dan masih dalam taraf normal, belum ada peningkatan yang signifikan.

Kendati demikian, warga diminta untuk tetap waspada terhadap banjir kiriman tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan tindakan preventif dari masyarakat setempat untuk mengurangi kerugian akibat banjir.

Tindakan preventif harus dilakukan secara bersama-sama oleh pemerintah dan masyarakat untuk mencegah terjadinya banjir.

Terpisah, Kalak BPBD Bulungan, Rafidin mengatakan, hingga pukul 11.00 Wita belum ada banjir kiriman. Diperkirakan, sore atau malam sampai Peso.

“Sekarang ini masih aman mas,” tukasnya.

BPBD Bulungan akan terus siaga untuk mengantisipasi bencana banjir di Peso dan berkoordinasi degan aparat desa maupun kecamatan. Sinergitas semua pihak diperlukan guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan usai banjir.

Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh bencana banjir dan mempercepat proses pemulihan setelah bencana tersebut.

“Kami berharap, bencana Banjir tersebut tidak meluas yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat setempat,” ujar Rafidin.

Meskipun belum terjadi banjir, tindakan antisipasi dan persiapan harus tetap dilakukan. BPBD Bulungan harus tetap siaga dalam mencegah dan meminimalkan dampak banjir.

Bahkan, terus melakukan upaya kerja sama yang baik antar BPBD Bulungan, warga, aparat desa dan kecamatan sangat penting untuk memastikan kewaspadaan dapat dilaksanakan dengan baik.

Berbagai upaya harus dilakukan, tidak saja pada saat banjir tiba, tetapi juga dalam persiapan, pencegahan dan pasca-banjir.

Semua pihak harus berupaya untuk mengurangi dampak banjir, berkoordinasi dengan baik dalam menjalankan protokol kewaspadaan, dan membantu masyarakat yang terdampak.(tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER