spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kabar Duka! Jamaah Haji Asal Tarakan Meninggal Dunia

TARAKAN – Kabar duka datang dari jamaah haji asal Tarakan, Kalimantan Utara (Kaltara). Satu jamaahnya bernama Sudarsono Martowijono (52) wafat di tanah suci pada Jumat (20/6/2024) pukul 12.20 waktu Arab Saudi.

Kepala Seksi Pelayanan dan Informasi Haji dan Umrah Kaltara, H. Muchtar mengatakan, almarhum Sudarsono termasuk dalam kategori 30 jamaah yang masuk dalam pengawasan. Almarhum Sudarsono tergabung dalam kloter 7 embarkasi Balikpapan, rombongan 6, regu 22.

“Jemaah kategori murur, di mina sudah dilarang melontar tapi tetap ikut tiga kali melontar. Pulang dari Mina 18 juni 2024 di hotel batuk pilek demam,” katanya H. Muchtar.

“Tanggal 20 Juni pukul 00.30 jemaah ikut persiapan tawaf ifadah, namun beliau tidak bisa dan jemaah naik ke kamar. Tgl 20 juni pkl 11.03 jemaah tidak sadarkan diri dan nadi tidak teraba,” sambungnya.

Diperkirakan almarhum kelelahan setelah melaksanakan proses ibadah haji yang memerlukan tenaga prima. Sesuai ketentuan Pemerintah Arab Saudi, jenazah almarhum dimakamkan di Arab Saudi. Sementara barang-barang almarhum akan dibawa kembali ke Tarakan yang diurus oleh petugas haji.

Sebelumnya, satu jamaah haji asal Kabupaten Bulungan juga dilaporkan meninggal dunia di Mekkah pada Minggu (2/6/2024) malam, waktu Arab Saudi.

Jamaah calon haji yang meninggal dunia bernama Mustari Laddi Jamada usia (59) tahun. Jamaah tersebut mengalami sesak nafas setelah pulang salat. 16 jam sebelumnya baru selesai menjalankan umrah wajib dan dimakamkan di pemakaman Al Sharaya.

Pewarta: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER