spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

49 Ketua RT di Desa Batuah Jalankan Program Gesek Shalju

TENGGARONG – Forum Ketua RT di Desa Batuah, memprakarsai sebuah program saling berbagi. Dinamakan Gerakan Sedekah Shalat Jumat (Gesek Shalju), yang dilakukan oleh 49 ketua RT di Desa Batuah. Bahkan gerakan ini rutin dilakukan sejak Desember 2023 lalu.

Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid, mengatakan program yang diprakarsai para ketua RT ini merupakan salah satu langkah nyata yang dilakukan untuk meningkatkan semangat berbagi warga Batuah. Tentunya sangat bermanfaat, karena akan mengobarkan semangat kebersamaan dalam kegiatan yang positif.

“Ketua RT memberikan contoh yang baik. Semoga akan banyak yang mengikuti, sehingga semangat berbagi di Desa Batuah terus meningkat. Insya Allah apa yang dilakukan pasti akan membawa keberkahan,” jelas Rasyid.

Disisi lain, Ketua Forum RT Desa Batuah, Muhammad Taufiq, mengatakan bahwa program Gesek Shalju terinspirasi dari gerakan yang dilakukan ketua RT di Balikpapan saat melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu.

“Kalau di Balikpapan mereka (ketua RT, Red.) menyumbangkan sayur untuk kebutuhan masyarakat, kami mencoba membagi makanan untuk warga yang pergi Salat Jumat,” ungkapnya.

Baca Juga:   Upaya DPMD Kukar Penuhi Program 1 Nakes 1 Desa

Lebih lanjut, Taufiq menambahkan selain mengadopsi program yang ada di Balikpapan, diharapakan program ini juga akan memotivasi warga lainnya. Apalagi berbagi ini merupakan perbuatan yang baik dan diharapkan mendatangkan keberkahan kepada warga yang memberi, begitu juga yang menerima manfaat.

Untuk mekanismenya sendiri, tiap pekan masjid yang berbeda akan menjadi sasaran program Gesek Shalju. Tiap RT mengumpulkan sumbangan dan menyerahkan kepada ketua RT yang mendapatkan giliran.

“Semoga nanti bukan hanya kalangan Ketua RT yang ikut, tapi kalangan warga yang mampu, sehingga akan semakin banyak yang peduli dan mau berbagi,” tutupnya. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER