Free Porn
xbporn
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

2 Kecamatan di Bulungan Sudah Rampung Proses Coklit

TANJUNG SELOR – Proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pilkada tahun 2024, terus berprogres oleh KPU Bulungan melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Komisioner KPU Bulungan, Mistang mengatakan, progres coklit saat ini ada dua kecamatan yang rampung 100 persen, yakni Kecamatan Tanjung Palas dan Kecamatan Tanjung Palas tengah.

“Data pemilih yang sudah dilakukan coklit per tanggal 9 Juli 2024, sebanyak 91.604 orang. Itu berdasarkan data melalui sistem pencocokan dan penelitian data pemilih berbasis elektronik atau e-Coklit,” ucap Mistang, Rabu (10/7/2024).

Data pemilih tersebut terbagi menjadi beberapa katagori, seperti di antaranya Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 89,369 pemilih.

Sementara, yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) tercatat sebanyak 940 pemilih. Pemilih yang tidak memenuhi syarat ini terbagi menjadi beberapa katagori lagi, yaitu pemilih yang meninggal dunia, pemilih ganda, pemilih di bawah umur, TNI dan Polri, warga negara asing (WNA) dan pemilih yang tidak sesuai dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terkait dengan data pemilih yang meninggal dunia, KPU melanjutkan tambahan dokumen pendukungnya. Jika sudah terpenuhi, tahap selanjutnya akan dilakukan proses penghapusan.

Kemudian, untuk pemilih yang tidak sesuai dengan TPS akan dilakukan perbaikan. “Jadi, pemilih yang tidak sesuai dengan TPS akan dipindahkan ke RT terdekat yang memiliki TPS,” ucapnya.

Diketahui, pelaksanaan coklit oleh KPU Bulungan telah berlangsung sejak 24 Juni 2024 lalu. Pasalnya, pelaksanaan coklit ini ditargetkan rampung sepekan sebelum batas akhir yang telah ditetapkan yakni 24 Juli akan datang. “Iya kita mendorong, supaya pelaksanaan coklit ini rampung sesuai deadline (batas waktu) yang telah ditentukan,” tandasnya. (*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER