spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

17 Program Disiapkan Dispusip Berau, Berharap Dongkrak Kekayaan Literasi

TANJUNG REDEB – Keseriusan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau untuk mewujudkan perpustakaan menjadi lokasi layak kunjung terus ditampakkan, hal itu melalui 17 program yang disiapkan.

Kepala Dispusip Berau, Yudha Budi Santosa menyebut, 17 program dan beberapa kegiatan yang disiapkan pihaknya telah disampaikan kepada Bupati.

“Seluruh program yang kami siapkan itu sebagai upaya meningkatkan minat baca sekaligus kunjungan ke perpustakaan,” katanya, Selasa (12/9/2023).

Dirinya mengaku program yang utama adalah mengintegrasikan Taman Sanggam yang berada tepat di sebelah kantor Dispusip Berau menjadi areal taman baca.

“Selain membaca buku di perpustakaan yang ada di kantor Dispusip Berau, pengunjung juga mendapat pengalaman yang menarik, yakni membaca buku dengan suasana santai di Taman Sanggam,” tuturnya.

Yudha menambahkan, program lainnya adalah menata ruangan baca khusus anak, penambahan studio bioskop mini, hingga menggelar lomba literasi.

“Kami juga membuka program donasi buku, baik dari instansi maupun perorangan. Hal itu sebagai upaya menambah judul dan jumlah buku di perpustakaan kami,” paparnya.

Baca Juga:   Jelang Audit Kearsipan, LKD Lakukan Pembinaan

Dia juga membeberkan bahwa pihaknya saat ini tengah berupaya menerbitkan kamus Bahasa Berau, dengan harapan dapat menjadi muatan lokal dan menambah kekayaan literasi di kabupaten paling utara Kaltim ini.

“Seluruh program tersebut akan direalisasikan secara bertahap, yang diusulkan sebagai program jangka tengah dan pendek, sembari mendukung visi serta misi pembangunan hingga 2026 mendatang,” pungkasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER