spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

10 Desa di Kecamatan Kota Bangun Darat Dapat Armada Pengangkut Sampah

TENGGARONG – Secara perlahan, Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara (Kukar), mulai menangani permasalahan sampah di wilayahnya. Diketahui menjadi salah satu permasalahan mendasar di wilayah tersebut. Yakni dengan mendapatkan distribusi armada pengangkut sampah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Total sebanyak 10 desa di Kecamatan Kota Bangun Darat, akhirnya mendapatkan armada pengangkut sampah roda 3. Merupakan pembagian dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar. Masing-masing armada pengangkut sampah tersebut, diserahkan langsung oleh Camat Kota Bangun Darat, Julkifli, pada Maret 2024 lalu. Kepada masing-masing kepala desa (kades).

Dijelaskan Julkifli, armada pengangkut sampah tersebut merupakan pengadaan yang dilakukan pada APBD Perubahan Kukar 2023. Namun, serangkaian pemenuhan administrasi, maka baru diserahkan pada awal 2024 ini.

“Menunggu administrasi makanya baru diserahkan kepada desa, sebelum lebaran sudah dibagikan,” ungkap Julkifli.

Dengan adanya armada pengangkut sampah ini, diharapkan internal desa bisa mengatasi permasalahan sampahnya. Selanjutnya dikumpulkan dan lanjut dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang berada di Desa Loleng. Bergabung bersama dengan Kecamatan Kota Bangun.

Baca Juga:   Akses Desa Umaq Dian Menuju Desa Muara Pendohon Direhabilitasi Tahun Ini

Sementara untuk penanganan sampah jangka panjangnya, Kecamatan Kota Bangun pun direncanakan mendapatkan kembali armada pengangkut sampah. Yakni berupa dua unit truk besar pengangkut sampah. Setelah mengangkut sampah dari masing-masing desa yang sudah dikumpulkan.

“Untuk jangka panjang kami punya progres pengangkutan sampah yang akan ditangani DLHK dengan menyerahkan armada truk sampah sebanyak 2 unit,”¬†tutupnya.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER