spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ramp Check ke Speedboat, Ditemukan Baju Pelampung dalam Keadaan Rusak

TARAKAN – Dinas Perhubungan Kaltara dan Tarakan, UPT Pelabuhan Tengkayu 1 Tarakan dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Syahbandar melakukan ramp check atau pemeriksaan pada speedboat reguler.

Kegiatan ramp check dilakukan kepada 54 speedboat reguler yang akan melayani beberapa rute tujuan di wilayah Kalimantan Utara. Di antaranya, Tanjung Selor, Nunukan, Malinau dan Tana Tidung.

Staf Syahbandar Pembantu Wilayah Kerja Tarakan BPTD Kelas III Kaltara, Sudirman menjelaskan, ramp check menyasar pada alat keselamatan seperti baju pelampung, alat pemadam kebakaran, pintu darurat dan alat navigasi.

Hasilnya, secara umum relatif aman hanya saja petugas menemukan dalam keadaan tidak bagus alias rusak. Baju pelampung itu akhirnya disita Dishub Kaltara dan para pemilik speedboat reguler diminta untuk menggantinya.

Sementara itu, untuk Surat Persetujuan Berlayar (SPB) seluruhnya sudah terpenuhi. Dibuktikan dengan adanya dokumen kapal.

“Persyaratan peraturan perundangan ketika semua terpenuhi, baru diterbitkan,” jelasnya ditemui di Pelabuhan SDF Tarakan, Jumat (5/4/2024).

Salah satu hal yang menjadi atensi dalam kegiatan mudik tahun ini, lanjut Sudirman, yakni tersedianya informasi cuaca. Dia berharap setiap harinya informasi cuaca disampaikan ke grup nahkoda kapal sebelum berlayar.

Baca Juga:   Mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Tengkayu I Didominasi dari Tanjung Selor

“Terkait informasi cuaca, ada di Pelabuhan Tengkayu I SDF. Kalau pantauan sampai saat ini masih normal belum ada lonjakan. Kalau evaluasi, jika ada lonjakan dari pihak Gapasdap, menyediakan armada tambahan,” pungkasnya.

Penulis: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER