test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peningkatan Personel, Disdamkarmatan Kukar Bakal Terus Kirim ke Pusdiklat


TENGGARONG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar), terus berupaya memberikan pembekalan dan peningkatan kapasitas untuk para personelnya. Salah satunya melalui pendidikan dan pelatihan terpadu.

Seperti yang dilaksanakan pada tahun 2023 lalu. Dimana Disdamkarmatan Kukar mengirim sebanyak 70 personelnya, untuk mengikuti Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) dasar, di Ciracas, Jakarta.

Karena memang dijelaskan Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani, pengetahuan dasar harus dibekali kepada personelnya. Mengingat para personel itulah yang berhadapan dengan api, saat terjadi musibah kebakaran.

“Seluruh pemadam sebenarnya wajib mengetahui itu, karena disana dijelaskan pemadaman dasar tentang standarisasi pemadam,” ujar Fida.

“Saya komitmen karena untuk melayani secara proposional memang mereka harus dibekali itu. Dan kita sudah lakukan itu bertahap,” lanjut Fida lagi.

Untuk tahun 2024 pun, dirinya berencana kembali memberangkatkan personelnya. Lantaran pada tahun ini, memang banyak dilaksanakan pusdiklat. Baik itu Pusdiklat Pemadam 1, Pemadam 2, Pemadam 3, inspektur, muda, madya dan utama.

“Mudahan-mudahan tahun ini ada slot untuk kita ikut pelatihan. Pada 2024 ini sekitar 70 personel untuk dasar, dan ada peningkatan ke grade karena kami berharap ada inspektur,” jelasnya.

Terlebih untuk jenjang inspektur yang dirasa penting dan harus segera dimiliki oleh personelnya. Nantinya, mereka akan melakukan inspeksi terhadap dunia usaha atau bangunan pemerintah yang akan dan sudah berdiri. Melihat dan memastikan telah memenuhi standarisasi tentang proteksi kebakaran.

“Itu hanya inpekstur yang bisa meverifikasi itu dan itu lumayan lama, 1 bulan lebih diklatnya,” tutup¬†Fida.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER