test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengenalan Sejak Dini, Disdamkarmatan Kukar Berencana Bangun Taman Edukasi

TENGGARONG – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar), berencana membangun taman edukasi. Taman berbentuk miniatur ini, rencananya akan dibangun di Halaman Disdamkarmatan Kukar. Dan sudah dikonsep dalam hal pembangunannya.

Nantinya seluruh sarana yang berkaitan dengan pemadam kebakaran, penyelamatan akan dibuat menjadi miniatur. Seperti mobil damkar, selang untuk memadamkan api, juga nanti rencananya akan dibangun fasilitas outbound.

Taman edukasi ini, memang rencananya dikhususkan untuk anak-anak TK yang kerap ke Disdamkarmatan Kukar untuk kunjungan lapangan. “Jadi mereka datang kesini bermain dengan lingkungan dunia pemadam, selangnya mini, tekanan air sedang, mobilnya seperti bangunan mobil kecil,” ungkap Kepala Disdamkarmatan Kukar, Fida Hurasani.

Fida menginginkan, ketika anak-anak TK datang ke Disdamkarmatan Kukar, memiliki kesan tersendiri. Anak-anak TK bisa sekaligus belajar terkait kegunaan dan bahaya api.

Edukasi lainnya, akan menampilkan APD pemadam. Ketika ada panggilan luar biasa kejadian, petugas akan keluar dari istirahatnya dan meluncur di tiang besi. Kemudian menuju mobil damkar untuk menuju lokasi kebakaran.

“Jadi kita tanamkan, bahwa seorang pemadam dia akan bekerja melindungi warga masyarakat atau bisa dikatakan dia hero atau pahlawan yang membantu masyarakat dengan sepenuh hati,” lanjut Fida.

“Jadi bagian terpenting di masyarakat yang bisa kita anggap menganyomi dengan tingkat keproporsionalan kita. Jadi harus segera berubah,” tutup¬†Fida.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER