test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemdes Sepatin Pasang Spanduk dan Imbauan Bahaya Buaya di Sungai Mahakam


TENGGARONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Sepatin, terus melakukan imbauan, terkait ancaman buaya kepada warganya. Yakni melalui spanduk, hingga imbauan langsung kepada warganya. Terlebih lokasi Desa Sepatin kebanyakan berada di bantaran Sungai Mahakam.

Imbauan inipun semakin dimasifkan, terlebih adanya warga mereka yang diterkam oleh predator sungai tersebut pada Kamis (6/6/2024) sekitar pukul 04.30 WITA lalu.

Kejadian nahas tersebut menimpa Saleng, nelayan tambak di Desa Sepatin, Kecamatan Anggana, yang diterkam oleh buaya, rupanya bukan kejadian yang pertama. Sudah berulang kali kejadian diterkamnya warga, oleh predator sungai tersebut.

“Pemdes juga memasang spanduk itu, untuk Desa Sepatin sudah di beberapa titik,” ungkap Suardi, Sabtu (8/6/2024).

Tak sekedar spanduk imbauan saja, namun juga imbauan rutin. Terkait beraktivitas pada saat gelap, baik itu saat malam hari hingga menjelang pagi. Terutama bagi warga yang tinggal dan beraktivitas di Sungai Mahakam.

“Banyak yang diterkam sampai paha putus, ada juga yang gak dapat ditemukan sampai sekarang sejak 2022 lalu,” lanjut Suardi.

Namun, ia pun tidak bisa melarang warganya untuk beraktivitas, tetapi harus dengan hati-hati. Karena bagi nelayan tambak, malam hingga menjelang pagi memang waktunya mereka untuk mengisi air ke dalam tambak. Lebih dari itu, air akan surut dan tambak mereka tidak terisi air. Hingga menyebabkan mata pencaharian mereka terganggu.

“Warga tetap beraktivitas karena memang jam-jamnya masukkan air, karena waktu pasang air pas subuh, karena kebutuhan ekonomi,” tutup¬†Suardi.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER