spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meski Berstatus Akreditasi A, Perpustakaan Sanggam Barintak Terus Berbenah

banner

TANJUNG REDEB – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menetapkan nilai 91,24 untuk Perpustakaan Sanggam Barintak Kabupaten Berau. Angka tersebut mengantar naiknya status akreditasi menjadi A.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau, Yudha Budisantosa menyebut, meski pihaknya meraih nilai di atas rata-rata, namun akan terus berupaya meningkatkan beberapa penilaian yang belum lengkap.

“Kita masih terus berbenah dan jangan puas hati atas nilai yang sudah didapat, karena masih banyak juga hal yang harus kita benah kembali,” ungkapnya.

Dirinya mengaku sangat puas dengan nilai yang diberikan Perpusnas. Meski untuk menyempurnakannya membutuhkan nilai 100.

“Jadi kami mengejar nilai 100, melalui meningkatkan program-program,” tegasnya.

Dijelaskannya, dalam penilaian ada sembilan indikator, sehingga pihaknya di Dispusip Berau gencar mendapatkan hasil maksimal.

“Saat ini kan penilaian sudah keluar tetapi informasinya dalam waktu dekat ini akan diplenokan di pusat,” bebernya.

Dirinya meminta kepada seluruh pegawai untuk dapat meningkatkan program-program Dispusip Berau. Karena, hal tersebut sangatlah penting. “Seperti pelayanan perpustakaan hingga pengelolaan itu sangat diperlukan agar kita bisa mencapai nilai 100,” imbuhnya.

Baca Juga:   Jelang Audit Kearsipan, LKD Lakukan Pembinaan

Sebelumnya, Sekretaris Dispusip Berau, Ali Sadikin Atma, setelah melakukan persentase, Perpustakaan Sanggam Barintak Kabupaten Berau dinilai sudah layak naik level menjadi akreditasi A.

“Perpustakaan kita sudah terakreditasi A, tetapi memang nanti dari pusat akan melakukan rapat pleno, tetapi untuk nilai kita sudah di grade A,” ujarnya.

Untuk mencapai akreditasi A, Dispusip Berau diminta untuk melengkapi sembilan komponen. Di mana, semua komponen atau syarat tersebut sudah terpenuhi dengan hasil yang memuaskan.

“Lumayan lama penilaiannya tetapi kami puas karena perpustakaan Berau bisa naik ke A,” tegasnya.

Untuk sembilan komponen penilaian dijelaskan Ali yaitu koleksi perpustakaan, Sarana dan Prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, untuk komponen pendukungnya yaitu inovasi dan kreativitas, tingkat kegemaran membaca dan terakhir indeks pembangunan literasi masyarakat.

“Itu adalah sembilan nilai komponen yang harus dilengkapi, dan akreditasi kita nilainya 91,24 sehingga kriteria A,” sebutnya.

Perpustakaan Sanggam Barintak Kabupaten Berau sebelumnya hanya masuk di akreditasi C. Itu terhitung pada tahun 2015 lalu. Sehingga, dengan naiknya akreditasi perpustakaan ini, maka menurutnya akan menjadi motivasi pihaknya untuk bisa lebih meningkatkan lagi. (adv/and)

Baca Juga:   Kemendikbudristek Nilai Perpustakaan Dapat Merangkul Masyarakat lewat Literasi
16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER