test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Masalah Air Bersih di Desa Batuah, Ditarget Tuntas Tahun Ini

TENGGARONG – Kebutuhan dasar masyarakat, terus dipenuhi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah, Kecamatan Loa Janan. Salah satunya kebutuhan air bersih. Bahkan ditarget akan seluruhnya rampung pada 2024.

Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid, mengatakan ada sebanyak 4 ribu Kepala Keluarga (KK) pada tahun 2024 yang ditargetkan untuk merasakan nikmatnya saluran air bersih. Yakni melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

“Program air bersih ini kita tinggal melakukan pengembangan pipanisasi saluran ke rumah warga, karena pada 2021 lalu sudah dilkukan pembangunan WTP oleh Dinas Perkim Kukar,” ungkap Abdul Rasyid.

Total saat ini ada sebanyak 7 titik WTP yang dimiliki oleh Desa Batuah. Untuk kemudian akan dikembangkan pipanisasi ke rumah-rumah warga. Karena selama ini, warga Desa Batuah hanya memanfaatkan sumur yang disedot menggunakan mesin pompa air.

Dengan program Pamsimas, masyarakat tentunya akan sangat merasakan manfaat air bersih. Karena menjadi kebutuhan primer sehari-hari. “Masyarakat sangat senang menyambut baik program air bersih dari pemerintah ini, air merupakan kebutuhan penting untuk keperluan sehari-hari,” ucapnya.

Pun program pengadaan air bersih untuk warganya, menjadi salah satu komitmen dan program pelayanan dasar yang akan dituntaskan oleh Pemdes Batuah. Selain itu, ia pun berharap, air bersih yang telah dinikmati masyarakat dapat menjamin kesehatan atau kelayakan di lingkungan sekitar.

“Kami selalu lakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk pemenuhan pelayanan dasar air bersih,”¬†tutupnya.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER