test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Konsultasi Penilaian Indeks KAMI, Diskominfo Kukar Kunjungi BSSN

TENGGARONG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kutai Kartanegara (Kukar) bersama Inspektorat Daerah Kukar, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), di Sawangan, Depok, pada Selasa (21/5/2024). Dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Persandian Diskominfo Kukar, Anggoro Prastowo.

Kunker ini merupakan konsultasi dan membahas penilaian mandiri, tingkat kematangan atau kesiapan pelaksanaan keamanan informasi yang dikenal dengan penilaian Indeks KAMI.

Turut hadir pada kunjungan tersebut, Analis Persandian Diskominfo Kukar, Budi Artha Syuhada; Auditor Inspektorat Daerah Kukar, Rindang Lesmana, serta beberapa staf Bidang Persandian Diskominfo dan Inspektorat Daerah Kukar.

Kedatangan tim dari Kukar dan dari daerah lain, disambut langsung Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah, Danang Jaya. Di Ruang Rapat Gedung Pimpinan BSSN.

Diskominfo Kukar pun tidak datang sendiri, turut melakukan hal serupa Diskominfo Kutai Timur, Diskominfo Kabupaten Kendal, dan Diskominfo Kota Bukittinggi.

Direktur KSSPD Danang Jaya menyampaikan apresiasi atas inisiatif dari perwakilan Pemerintah Daerah untuk melakukan kunjungan kerja terkait pelaksanaan kegiatan persandian.

“Pihak BSSN selalu siap sedia dan senantiasa membuka pintu kepada pemerintah daerah yang hendak melakukan konsultasi, koordinasi, asistensi, bimbingan teknis, literasi, sosialisasi, maupun diskusi terkait kegiatan persandian di daerah demi menjalankan tugas utama BSSN sesuai dengan amanat Undang-Undang,” ujarnya.

Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan konsultasi tentang tata cara pelaksanaan Penilaian Mandiri Indeks KAMI dan Penilaian Mandiri Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Serta pelaksanaan Audit Keamanan Informasi dan Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terkait keamanan SPBE.

Diskusi dan tanya jawab dipandu oleh Sandiman Ahli Madya BSSN, Dwi Kardono dan Lukman Nul Hakim. Disertai penjelasan teknis oleh Sandiman Ahli Pertama, Mochamad Jajuly dan Devi Clarisa. Diskusi berlangsung dengan berbagai pertanyaan teknis dari Bidang Persandian Diskominfo Kukar mengenai prosedur pelaksanaan, bukti-bukti dukung, sistem penghitungan dalam tools Indeks KAMI versi terbaru. Serta kriteria dan klasifikasi Sistem Elektronik yang menjadi sampel dalam penilaian.

Kunjungan kerja yang berlangsung dari pukul 09.00 hingga 13.30 WIB dan diakhiri dengan penyerahan cendera mata berupa plakat dari Diskominfo Kukar yang diserahkan Kabid Persandian Anggoro Prastowo kepada Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah BSSN, Danang Jaya. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER