spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jaring Bibit Baru, Polda Kaltara Gelar Kejuaraan Judo

TANJUNG SELOR – Polda Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar kejuaraan judo bertajuk Kapolda Kaltara Cup. Pertandingan ini berlangsung di Gedung Tenis Indoor, Bulungan Jumat (8/3/2024).

Judo merupakan seni bela diri olahraga yang berakar dari Jepang, merupakan seni bertahan dan menyerang dengan menggunakan tangan kosong.

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya saat dikonfirmasi mengatakan, event Kapolda Kaltara Cup ini sebenarnya dijadwalkan pada Agustus 2023. Namun karena kesibukan dan persiapan pemilu sehingga ditunda.

Lantaran saat ini ada sedikit waktu sebelum lebaran, maka kejuaraan inipun dilaksanakan.
“Kita harus memiliki kemampuan beladiri perorangan, kelompok dan satuan, apalagi menjelang pemilihan umum (pemilu) tahun 2024, tantangan kita semakin besar,” kata Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya kepada awak media.

Tujuan diadakan pertandingan ini, sebagai bentuk pengembangan olahraga judo di Kaltara. Serta ajang mencari bibit-bibit baru.
Kejuaraan ini tidak hanya khusus pada anggota Polri tapi juga melibatkan masyarakat secara umum.

“Khususnya anak-anak yang masih muda. Harapannya ke depan bisa dilanjutkan, sehingga diadakan piala bergilir. Tahun depan, mesti diadakan kembali,” terangnya.

Baca Juga:   Polda Kaltara Dukung Percepatan dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Olahraga ini diperuntukkan terhadap generasi muda, fungsi lainnya mereka dapat mengasah minat dan bakatnya dalam berolahraga dan menghindari segala bentuk perbuatan yang melanggar hukum.

“Olahraga ini penting, sehingga generasi muda kita tidak terlibat dalam hal yang aneh-aneh, juga dapat meningkatkan kemampuan beladiri perorangan,” tuturnya.

Tahun depan kejuaraan serupa rencananya tetap dilaksanakan. Hanya saja, berkaitan dengan lokasinya kata Kapolda, belum ditentukan. Mengingat pertandingan belum selesai dan itu akan dilihat kedepannya.

“Kita belum tahu, nanti dilihat yang jelas tetap di Kaltara, kalau setelah Bulungan, iya pasti di Tarakan,” katanya.

Nomor yang dipertandingkan di antaranya kelas pertarungan putra, terdiri dari 55, 56, 60, 66, 73, dan 81 kilo. Pertarungan perempuan kelas, 45, 48, 52, 57, 63 dan 70 kilo.

“Terdiri dari atlet Polri 149 orang dan atlet umum 43 orang. Data ini merupakan update pada 2 Maret 2024,” tambah Kabid Humas Polda Kaltara, Kombes Pol Budi Rachmat.

Selain itu, juga dilibatkan peserta dari seluruh polres jajaran, Polresta Bulungan, Polres Tana Tidung, Tarakan, Malinau dan Nunukan.

Baca Juga:   Ratusan Botol Miras Ilegal Dimusnahkan

Secara terpisah, Ketua KONI Kaltara, Mohammad Nasir mengapresiasi adanya gelaran Kapolda Kaltara Cup ini. Karena, dengan begitu nantinya dapat ditrakking bibit atlet judo di Kaltara.

“Dari hasil pertandingan ini, nantinya akan dilihat atlet yang akan diikutsertakan dalam Porprov atau Pra Pon sekaligus PON berikutnya,” tutupnya. (adv/tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER