test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Guru SD dan SMP di Kukar Ikuti Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, menggelar peningkatan kapasitas tenaga pendidik guru. Yakni melaksanakan Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ). Bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tenggarong.

Dijelaskan Kabid Kurikulum Pengembangan Bahasa dan Sastra Perijinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar, Joko Sampurno, ada sebanyak 189 guru ikut serta, yang berasal dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SMP. Peningkatan sendiri dilakukan berjenjang, dari ahli muda ke ahli madya dan jenjang madya ke utama.

“Jadi pangkat guru itu dari jenjang muda ke madya dan madya ke utama. Yang artinya dari 3A ke 3B dan 3B ke 3C harus ikuti UKKJ,” ungkap Joko Sampurno.

Dikatakan Joko Sampurno, UKKJ merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek RI. Dengan maksud, agar meningkatkan kualitas guru, agar proses pembelajaran nantinya bisa lebih baik.

Ia pun meminta seluruh guru yang mengikuti UKKJ, untuk bisa memahami dalam menyelesaikan soal-soal yang sudah disiapkan oleh panitia peningkatan kapasitas. Dengan harapan bisa mendapatkan hasil yang baik.

Sehingga ketika sudah dinyatakan berkompeten, bisa menerapkan ilmu dan pengetahuannya dalam proses pembelajaran. Dan berdampak pada peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kukar yang berkualitas. “Kami minta mereka untuk berkonsentrasi saat mengerjakan,”¬†tutupnya.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER