test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Distanak Kukar Siap Periksa Hewan Kurban di 20 Kecamatan

TENGGARONG – Jelang Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Senin (17/6/2024) mendatang, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar) memastikan pengecekan hewan kurban. Terutama hewan-hewan kurban yang dijual oleh penjual musiman.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman, menyebut pemeriksaan dilakukan serentak di 20 kecamatan se-Kukar. Memastikan hewan-hewan kurban yang dijual benar-benar layak dan sehat.

“Ketika layak dan sehat, akan diberikan peneng (tanda sapi sehat) dan surat keterangan ternaknya,” ungkap Aji Gazali Rahman.

“Jadi harapannya kalau sudah ditandai, konsumen yang berkurban tidak ragu lagi,” lanjutnya.

Masing-masing kecamatan akan melaksanakan pemeriksaan serupa. Dengan menurunkan tiap petugas UPT dan Puskeswan. Sehingga masing-masing petugas memiliki tanggung jawab untuk memeriksa sapi kurban yang dijual oleh pedagang musiman.

Sementara Kecamatan Tenggarong,akan diambil oleh Distanak Kukar secara langsung. “Pemeriksaan dilakukan H-5 atau H-7 Iduladha 1445 Hijriah,” tutup Aji Gazali Rahman.

Diketahui, pemeriksaan hewan kurban yang dilakukan oleh Distanak Kukar, diantaranya pemeriksaan luar pada bagian tubuh hewan kurban. Selanjutnya memastikan hewan kurban sudah cukup usia, sebagai syarat untuk dijadikan hewan kurban. Ditambah pemeriksaan terkait vaksin yang sudah disuntikkan, dalam rangka pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER