test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diarpus Kukar Siapkan Inovasi Buncu Baca, Tingkatkan Minat Baca

TENGGARONG – Terobosan dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kutai Kartanegara (Kukar), untuk meningkatkan kembali minat baca di Kukar. Salah satunya dengan menciptakan inovasi Buncu Baca (Pojok Baca). Bahkan sudah diluncurkan dan ditempatkan di sejumlah lokasi.

Buncu baca sendiri, disiapkan secara digital dengan berbentuk online. Pembaca hanya perlumemindai barcode yang sudah disiapkan, saat itulah pembaca akan menemukan buku bacaan yang berjumlah mencapai 400 ribu lebih buku. Juga ada disiapkan secara offline, yakni buku bacaan berupa fisik yang sudah disiapkan.

“Tujuannya supaya apabila tidak memiliki waktu ke perpustakaan, cukup melalui media digital,” ujar Sekretaris Diarpus Kukar, Aji Yuli Midriani.

Aji Yuli Midriani pun mengharapkan terobosan ini dapat memperkenalkan bacaan secara digital. Baik online maupun offline. Buncu Baca ini pun dikatakan Aji Yuli sudah diletakkan di tempat-tempat keramaian dan pusat pemerintahan. Seperti di Kecamatan Tenggarong saja, diletakkan di Kantor Bupati Kukar, di Mall Pelayanan Publik (MPP), di perkantoran Diarpus Kukar.

Kedepannya, Diarpus Kukar akan menempatkan Buncu Baca di seluruh kecamatan di Kukar. Dan jika memungkinkan, akan ditempatkan di seluruh desa dan kelurahan. Baik secara online maupun offline. Tergantung ketersediaan jaringan internetnya.

“Itu strategi kita untuk mempermudah masyarakat Kukar untuk menemukan buku yang diperlukan,” tutup Aji Yuli¬†Midriani.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER