spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bustan Minta PLN Tak Lakukan Pemadaman Listrik Selama Ramadan

TARAKAN – Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Bustan meminta PLN tidak melakukan pemadaman listrik selama Bulan Suci Ramadan. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan PLN Unit Layanan Pelanggan maupun Pelaksana Pengendalian Pembangkit Tarakan guna mewujudkan hal tersebut.

“Menghadapi Bulan Suci Ramadan, jangan sampai ada pemadaman. Kalau ada masalah non teknis bisa cepat ditangani dan diantisipasi. Saya minta sekali, secara tegas kepada PLN untuk tidak ada pemadaman, selama bulan puasa dan seterusnya. Kecuali ada eror,” ucapnya di Tarakan, baru-baru ini.

Dari hasil komunikasi antara Bustan dengan PLN Tarakan, ada komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga pada saat santap sahur, buka puasa, Salat Tarawih, dan pelaksanaan ibadah lainnya bisa tetap berjalan dengan lancar dan khusyuk.

Secara kemampuan daya, PLN memiliki kelebihan energi dari beban puncak saat ini yang berada dikisaran 48 Mega Watt (MW). Oleh karena itu, jika tidak ada kesalahan atau force majeure maka secara angka Tarakan dinilai aman.

“Saya lihat PLN komitmen ya untuk tidak melakukan pemadaman, nanti ketika ada pemadaman kita sama-sama melakukan evaluasi. Apalagi saat ini energi listrik PLN Tarakan,” katanya.

Baca Juga:   Bustan Buka Lomba Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Tingkat Kaltara

“Jadi tidak ada masalah terkait ketersediaan daya, kalaupun ada pemadaman itu masalah non teknis, atau ada masalah di mesin,” sambungnya.

Kata Bustan, PLN Tarakan memiliki dua jenis mesin pembangkit. Pertama berbahan bakar gas bumi atau Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), yang disuplai dari Pertamina Bunyu, kemudian pembangkit yang berbahan bakar solar atau Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD).

“Diupayakan tidak ada masalah baik PLTG maupun PLTD, kalaupun ada masalah di PLTG biasanya karena ada kendala distribusi gas dari Pertamina. Oleh karena itu, kita akan bantu komunikasi dengan Pertamina, supaya PLN Tarakan menjadi prioritas pasokan gas dari Bunyu,” katanya.

Dia berharap dengan tidak adanya pemadaman listrik selama Ramadan, tercipta kekhusyukan umat Islam dalam menjalankan ibadah Puasa. (adv)

Penulis: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER