spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Syarwani Kontrol Penyaluran CSR untuk Masyarakat


TANJUNG SELOR – Eksistensi perusahaan di setiap daerah, selain untuk ikut menopang pembangunan daerah, juga berimplikasi baik bagi masyarakat setempat.

Kontribusi perusahaan, tidak hanya sekadar menciptakan lapangan kerja seluasnya, tapi lebih dari itu, ada tanggung jawab sosial lainnya atau dalam bentuk corporate social responsibility (CSR).

Pemkab Bulungan mendorong perusahaan untuk berkomitmen menyalurkan CSR bagi masyarakat di Bulungan. Hal itu diungkapkan Bupati Bulungan, Syarwani.

Dia katakan, pembangunan inklusif tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, melainkan bagaimana badan usaha, akademisi, masyarakat atau komunitas dan media bersatu untuk berkoordinasi dan berkomitmen mengembangkan potensi lokal yang ada, dengan tetap memperhatikan kearifan lokal.

Meski begitu, Syarwani mengapresiasi terhadap perusahaan yang telah menyalurkan tanggungjawab sosialnya selama ini. “Iya, kita apresiasi terhadap badan usaha yang telah komitmen menjalankan tanggung jawabnya dan menjadi hak masyarakat,” ungkap Syarwani, Rabu (7/11/2023).

Terhadap badan usaha yang belum menjalankan kewajibannya, pemerintah meminta adanya pro aktif masyarakat untuk melaporkan.

Sebelumnya, Pemda Bulungan telah menggelar  rapat koordinasi (rakor) forum CSR Bulungan. Hal Ini merupakan wujud komitmen bersama untuk membangun Bulungan berdaulat pangan, maju dan sejahtera.

Baca Juga:   ADD Tahun Depan Presentasinya Naik 1,3 Persen

Apalagi berbicara tanggung jawab sosial lingkungan, kata di tidak hanya tentang melaksanakan program atau kegiatan pembangunan, melainkan juga mengedepankan unsur pemberdayaan masyarakat. “Sehingga menjadi kemandirian serta menjaga keberlanjutan di tahun yang akan datang,” bebernya.

Perusahaan, sambung Syarwani, berkewajiban membantu pemerintahan dalam pembangunan infrastruktur, demi meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kita perlu dan secara bersama-sama berkomitmen untuk memperbaiki infrastruktur di Bulungan,” pintanya.

Salah satu infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat, berupa pembangunan jalan di wilayah kecamatan. Pemda Bulungan,kata dia telah berkoordinasi dengan Gubernur Kaltara supaya Pemprov Kaltara turut mendukung dan membantu peningkatan infrastruktur jalan di Bulungan.

Jika infrastruktur jalannya mulus, dapat membantu mobilisasi masyarakat dari kecamatan ke Ibu Kota Provinsi. Salah satu ruas jalan yang membutuhkan perbaikan, berupa akses dari Kecamatan Tanjung Palas Timur menuju Tanjung Selor, begitupun sejumlah ruas jalan di kecamatan yang lain.

Maka perusahaan yang memiliki wilayah operasi di kecamatan, diharapkan turut berperan aktif.  Termasuk membangun ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan serta lingkungan masyarakat.

Baca Juga:   Siapkan Ruang Khusus untuk Pencinta Olahraga Skateboard

Hal tersebut, berlandaskan pada amanat Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Jadi masyarakat tidak perlu meminta itu kepada perusahaan karena memang sudah menjadi hak daripada masyarakat itu sendiri.

“Masyarakat tetap perlu mengkritisi pelaksanaan bantuan dari perusahaan, sehingga penyaluran tepat sasaran,” ucapnya.

Disamping itu, juga dapat mewujudkan komitmen perusahaan. Maka program CSR yang merupakan kewajiban perusahaan dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas. (adv/tin/and)

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER