spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Bulungan Dorong Perluasan Lahan Pertanian di Sajau

TANJUNG SELOR – Bupati Bulungan, Syarwani bersama jajaran DPRD, Forkopimda, dan Pemkab Bulungan menghadiri panen padi di Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Senin (6/5/2024) kemarin.

Terdapat 150 hektare lahan padi di Sajau Hilir dengan produktifitas 3 sampai 5 ton per hektare. Hasil ini terbilang tinggi dari kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bulungan.

Dalam penyampaian, Syarwani berharap ke depan luas lahan pertanian di Sajau Hilir terus bertambah.

“Kalaupun bisa bertambah 2 kali lipat,” ujar Syarwani.

Hal itu didasari jumlah penduduk Bulungan yang mencapai lebih dari 150 ribu jiwa, dengan kebutuhan beras 16 ribu ton per tahun. Pemerintah daerah juga mendukung upaya perluasan dan peningkatan hasil pertanian, baik dengan pembangunan akses jalan hingga bantuan alat-alat pertanian.

“Pemerintah daerah akan mendorong upaya percepatan pembangunan sektor pertanian di Bulungan,” tukasnya.

Ke depan pemerintah daerah akan mendorong para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendukung produk pertanian dengan cara membeli serta mengkonsumsi produk lokal. Tinggal kemudian, ke depannya bagaimana semangat masyarakat petani untuk terus mengembangkan sektor pertanian di Bulungan.

Baca Juga:   Jalan Usaha Tani Difokuskan di Dua Kecamatan

Sementara itu, Ketua DPRD Bulungan, Kilat menambahkan potensi sektor pertanian di Bulungan masih banyak yang perlu dikembangkan. Bahkan, tiap kecamatan memiliki potensi itu tinggal bagaimana cara mengembangkan produk tersebut kedepannya.

“Kita mendorong supaya lahan potensi pertanian di Bulungan untuk terus di tingkatkan. Karena, jika itu dimaksimalkan maka akan mampu memenuhi kebutuhan beras bagi daerah,” harapnya.

Sementara untuk di Sajau Kecamatan Tanjung Palas Timur, kata Politisi Gerindra ini itu sudah tergolong bagus. Diharapkan, lahan yang ada saat ini terus dikembangkan. Termasuk dengan pangsa pasarnya mesti terus diperluaaskan. (tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER