spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Antisipasi Balap Liar dan Kejahatan, Polres Tarakan Tingkatkan Patroli Selama Ramadan

TARAKAN – Polres Tarakan bakal meningkatkan patroli guna mengantisipasi aksi balap liar serta kejahatan di jalan raya selama Ramadan 1445 Hijriah. Patroli terpusat di Jalan Sesayap depan Masjid Islamic Center dan di Bundaran Jembatan Keramat.

Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona TPP Siregar, melalui Kabag Ops AKP M. Aris Kelana Putra mengatakan, Minggu (17/3/2024) sekira pukul 04.30 WITA, di area Islamic Center Jalan Sei Sesayap Kelurahan Kampung Empat, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, pihaknya telah melakukan pengamanan dan patroli antisipasi balapan liar di bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

Adapun patroli dibagi menjadi dua. Patroli pertama dilakukan personel Samapta dengan mendatangi lokasi yang sering menjadi laporan warga sering menjadi arena balap liar. Masing-masing regu terdiri dari tujuh personel.

“Kegiatan balap liar sebagai kegiatan yang mengganggu ketertiban umum, sehingga diperlukan hadirnya Polri untuk mencegah kegiatan tersebut,” ujarnya.

Sementara pengamanan dan patroli balap liar di area Islamic Center dipimpin oleh padal Ipda M. Arsyad dan wakil padal Ipda Kamaludin.

Baca Juga:   Mulai 5 April 2024, Demokrat Buka Penjaringan Bacalon Kepala Daerah Kaltara, Ini Kriteria yang Dicari

Di hari yang sama, patroli tim kedua dilakukan Personel Patroli Presisi Sat Samapta Polres Tarakan yang tujuannya mengantisipasi balapan liar di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Mulawarman.

Patroli Antisipasi balap liar juga menyasar Jalan Jenderal Sudirman sampai Stadion Datu Adil selama Bulan Suci Ramadan di Kota Tarakan.

“Patroli ini dilaksanakan dari simpang empat GTM, menuju Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Yos Sudarso sampai Stadion Datu Adil,” bebernya.

Selain mengantisipasi aksi balap liar dan kejahatan, patroli ini juga dilakukan untuk mencegah potensi laka lantas di Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah.

“Patroli ini untuk mencegah dan mempersempit ruang gerak kemungkinan adanya balapan liar ataupun adanya potensi laka lantas. Kegiatan berjalan aman dan tertib dan situasi cukup terkendali dan tidak ditemukan pelanggaran masyarakat,” jelasnya.

Kata M. Aris, personel lainnyan juga dikerahkan menuju Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Gunung Lingkas yang dimulai sekira pukul 04.35 WITA. Dimana kegiatan ini dilaksanakan personel Polsek KSKP.

“Kegiatan Patroli mengunjungi 3 titik yaitu Depan Masjid Jami Baiturrahim, Simpang 3 Telaga Keramat dan depan Kantor Melurahan Lingkas ujung. Adapun hasil kegiatan patroli tersebut tidak ditemukan adanya kegiatan balap lari maupun balap liar di sepanjang Jalan Kusuma Bangsa,” ujarnya.

Baca Juga:   Kebakaran Lahan di Kampung Enam Tarakan, Petugas Butuh Waktu Empat Jam Padamkan Api

Dari seluruh kegiatan patroli ini, situasi terpantau aman dan terkendali. Sejauh ini belum ada pihak yang diamankan.

“Hanya diberi teguran dan membubarkan. Termasuk di Islamic Center. Memang kondisinya sangat ramai,” pungkas Kabag Ops AKP M. Aris Kelana Putra.

Penulis: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER