spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Permudah Masyarakat, Harap Perpustakaan Keliling Dioperasikan Maksimal

TANJUNG REDEB – Perpustakaan keliling diharapkan Sekretaris Komisi III DPRD Berau, Ichsan Rapi terus beroperasi. Tentu dengan anggaran yang memadai.

Dia mengungkapkan, kehadiran perpustakaan keliling dapat memudahkan masyarakat membaca dan meminjam buku tanpa harus datang ke perpustakaan.

Dirinya membeberkan, belakangan ini perpustakaan keliling jarang dilaksanakan karena terkendala persoalan Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Ini suatu kerugian juga jika tidak beroperasi. Dengan adanya perpustakaan keliling, tentu memudahkan masyarakat dalam mencari dan meminjam buku,” ucapnya.

Dinilainya, dengan adanya perpustakaan keliling sebagai upaya mendorong minat baca masyarakat. Sebab berdasarkan survei dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, indeks literasi Berau masih berada di bawah 40 persen.

“Dengan adanya mobil perpustakaan keliling tersebut, diharapkan akan membantu menumbuhkan sekaligus meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat Berau, khususnya kaum milenial sebagai generasi pelanjut,” katanya.

Ichsan meminta 13 kecamatan yang ada di Berau memiliki fasilitas mobil perpustakaan keliling. Sehingga, mampu membuka wawasan dalam berbagai hal dan menambah informasi bagi seluruh masyarakat Berau.

“Hal itu juga dapat mengedukasi masyarakat agar gemar membaca yang juga dapat dimanfaatkan setiap waktu. Muaranya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dengan rajin membaca,” ungkapnya.

Politikus Gerindra ini juga mengapresiasi hadirnya pojok baca digital, hal itu bisa dikoneksikan dengan 1.000 titik WiFi yang disiapkan oleh Pemkab Berau.

Namun, Ichsan mengingatkan, agar program terus bisa berjalan paralel. “Harus itu, seiring sejalan. Pojok baca bisa dinikmati, begitu juga untuk WiFi-nya,” pungkasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER