spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Serapan Anggaran Pemkab Bulungan Belum Maksimal

TANJUNG SELOR – Serapan anggaran pemerintah Kabupaten Bulungan dinilai belum maksimal. Realisasi fisik saat ini baru mencapai sekitar 60 persen, sementara realisasi keuangan angkanya sedikit dibawa realisasi fisik.

Dengan sisa waktu yang tinggal dua Bulan lagi, pemerintah daerah optimistis penyerapan itu bisa maksimal. Sejauh ini, masih ada pengerjaan fisik di lapangan, seperti landskip taman Kantor Bupati, yang nantinya akan dijadikan sebagai ruang terbuka hijau bagi publik.

Demikian, juga pembangunan spot parkir ataupun ruang bagi para pelaku Usaha Mikro kecil Menengah (UMKM). Kemudian, di wilayah Taman Kaltara Abadi, akan dibangun areal speedboat. Dan juga akan disediakan areal taman bermain bagi anak-anak.

Termasuk adanya, pembangunan Kebun Raya Bunda Hayati, yang sebelumnya dijadikan sebagai Hutan Kota.  “Itu yang masih kita fasilitasi dan dalam proses pelaksanaan,” ungkap Syarwani, Kamis (12/10/2023).

Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kata Syarwani yang serapan anggarannya masih kurang itu ada di Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang (DPUPR) Bulungan.

“Termasuk Dinas Pendidikan, ini masih dalam progres pelaksanaan. Saya sudah sampaikan dan ingatkan Kepala OPD, bahwa realisasi anggaran tersebut harus di bisa dicapai secara sempurna sebelum akhir tahun,” jelasnya.

Terutama dalam hal realisasi fisik maupun dari sisi keuangan. Realisasi fisik saat ini kurang lebih sudah mencapai sekitar 60 persen.

“Tapi, biasanya realisasi keuangan sedikit dibawa realisasi fisik. Karena, progres ini akan berakhir sampai akhir tahun, kemudian akan diakumulasi dari 34 Perangkat Daerah yang ada,” bebernya.

Soal kegiatan fisik, Syarwani menegaskan tidak akan memberikan kelonggaran berupa perpanjangan waktu, dalam pengerjaan fisik pembangunan di Bulungan. “Termasuk ada 10 proyek Strategis Pemkab Bulungan yang tengah dikerjakan saat ini, bahwa itu harus selesai sesuai tanggal kontrak,” tegasnya.

Hal serupa juga berkaitan dengan alokasi kegiatan yang memanfaatkan anggaran melalui APBD perubahan.  Dari 10 PSN pembkab Bulungan sejauh ini tengah proses pengerjaan. Serta beberapa kegiatan yang dianggap oleh pemerintah masih terus digenjot oleh pihak pelaksana atau kontraktor.

“Kalau pematangan lahan depan hotel Crown Tanjung Selor, itu kita anggap telah selesai, meskipun masih tahap pematangan lahan sampai hari ini,” tandasnya. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER