spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Sharing Session Mendongeng, Bentuk Karakter yang Kritis

SAMARINDA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kalimantan Timur menggelar kegiatan Sharing Session Mendongeng di Aula Serbaguna Gedung DPK Kaltim, Jalan Ir H Juanda Selasa (5/9/2023) lalu.

Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) DPKD Kaltim, Taufik menjelaskan, kegiatan Workshop Sharing Session Mendongeng, adalah upaya DPKD Kaltim menumbuh kembangkan budaya membaca melalui mendongeng.

“Karena dengan mendongeng akan membentuk karakter seperti sikap kritis, cinta tanah air dan sikap peduli akan sesama,” ungkap Taufik.

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan pendongen dari 10 Kabupaten/ Kota yang ada di Kaltim. “Kegiatan mendongeng tahun ini mendatangkan pendongeng dan trainer dari Yayasan Rumah Dongeng Nusantara Makasar, Puguh Herumawan atau biasa dipanggil Kak Heru,” ujarnya.

Melihat pentingnya kegiatan mendongeng ini, sambungnya, DPKD akan menjadikan Sharing Session Mendongeng sebagai agenda rutin.

“Kegiatan workshop seperti ini, kita akan agendakan setiap tahun. Karena kita ke depannya juga akan gelar lomba dongeng di tingkat Kaltim,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DPKD Muhammad Syafranuddin menyoroti peran penting mendongeng sebagai budaya literasi yang mulai luntur di kehidupan keluarga. Oleh sebab itu, dia menyatakan budaya mendongeng harus dibangkitkan kembali. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER