spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wacana Wisata Susur Sungai, Rudi: Perhatikan Persoalan Sampah

TANJUNG REDEB – Adanya wacana wisata susur sungai disorot Anggota DPRD Berau, Rudi Parasian Mangunsong. Ditegaskannya, persoalan sampah di bantaran sungai harus diperhatikan.

Dia menilai, dengan adanya fasilitas kapal pengangkut sampah milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau dapat menjadi solusi dalam mengatasi sampah di bantaran sungai.

“Sejak tahun lalu seyogyanya kapal sampah telah dioperasikan, untuk menyikapi sampah di bantaran sungai kelay dan segah. Supaya penanganan lebih maksimal,” ungkapnya.

Dirinya meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau untuk bisa berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk lebih kreatif mengatasi sampah yang setiap harinya masih terlihat, tentu kalau dibiarkan hal ini mengkhawatirkan.

Meskipun tambahnya, sarana dan prasarana (Sarpras) kebersihan sungai masih terbatas, pemerintah daerah harus terus memperhatikan peralatan dan armada yang masih kurang sehingga dibutuhkan peningkatan. Menurutnya, Pemerintah bisa memanfaatkan keberadaan pihak ketiga maupun masyarakat untuk menjaga dan membersihkan sampah di bantaran sungai.

“Jika ada tumpukan sampah yang berada di pinggiran sungai bisa dengan mengajak masyarakat bergotong-royong untuk membersihkannya. Mari maksimalkan fungsi dari adanya kapal sampah milik DLHK untuk mengatasi menumpuknya sampah dibantaran sungai kelay dan segah,” tuturnya.

Rudi berharap, permasalahan sampah di sungai bisa segera ditangani dan tidak ditunda-tunda lagi tanpa harus menunggu penganggaran terlebih dahulu.

“Tinggal dengan bergerak saja, libatkan banyak orang termasuk pihak ketiga. Hal itu tidak perlu anggaran besar, tinggal dari kesadaran masyarakat Berau terkait pentingnya menjaga kebersihan sungai, tentunya harus di pelopori OPD teknis,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER