spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Banjir Rusak Fasilitas Umum, Sakirman: Pemerintah Harus Gerak Cepat

TANJUNG REDEB – Banjir yang menerjang Kampung Suaran, Kecamatan Sambaliung beberapa waktu lalu menyebabkan rusaknya fasilitas umum seperti jembatan. Hal itu disorot Anggota DPRD Berau, Sakirman.

Dia menilai, atas kejadian tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait harus lebih mematangkan persiapan dalam menyikapi bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Artinya kalau ada banjir seperti ini pemerintah melalui OPD terkait seperti BPBD, Dinas Kesehatan hingga Dinas Sosial harus cepat mengambil tindakan sesuai tupoksinya dalam membantu masyarakat yang terkena musibah dengan cepat,” ungkapnya.

Lanjutnya, banjir yang kerap terjadi setiap hujan deras mengguyur harus dipersiapkan dengan matang oleh Satuan Petugas (Satgas) yang berperan sesuai bidangnya.

“Harus diupayakan semaksimal mungkin bantuan dengan cepat kepada masyarakat yang terdampak. Kami harapkan ketika ada kampung dilanda banjir cobalah untuk membuka posko sebagai bentuk persiapan sarana fasilitas berupa tenda-tenda yang bisa dimanfaatkan masyarakat tatkala musibah banjir semakin parah,” katanya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga meminta pemerintah untuk menyiapkan tenaga kesehatan untuk penanganan medis terhadap masyarakat yang sedang kesusahan akibat dari bencana alam yang terjadi.

Sakirman mengimbau, apabila terdapat permasalahan pada kampung, harus ada dilakukannya inventarisir. Sehingga, ada sistem informasi pemerintah daerah dan OPD untuk memasukkan skala prioritas menyikapi kondisi yang ada.

“Artinya masalah bencana banjir ini, ya masing-masing OPD jalankan tugasnya. Intinya ini merupakan tugas dan tanggung jawab kita bersama, tapi ada yang membidangi dan tupoksinya, matangkanlah persiapan dalam menyikapi bencana banjir tersebut dengan cepat, jangan sampai masyarakat teriak baru betindak cepat,” tutupnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER