spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkat Kunjungan Masyarakat Selama Perayaan HUT Kaltara Naik 1,4 Persen

TANJUNG SELOR – Rangkaian kegiatan hari jadi Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang ke-12 tahun, ternyata tidak hanya berdampak positif bagi dunia hiburan, tetapi juga berimbas baik bagi dunia perhotelan.

Hal tersebut, dilihat dari hunian kamar hotel di Ibu Kota Kaltara yang mengalami peningkatan. Bahkan kunjungan wisatawan didominasi domestik dan Mancanegara, seperti Negara Tetangga Malaysia.

Bahkan, dari pameran yang terpusat di Lapangan Agatis Tanjung Selor, animo masyarakat begitu tinggi, hal itu dilihat dari ribuan pasang mata yang menyaksikan gelar pameran dengan artis ibu Kota Negara.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltara, Njau Anau membenarkan efek positif dari gelaran HUT Kaltara berkolerasi baik terhadap peningkatan penghuni kamar hotel, pariwisata bahkan pelaku UMKM.

“Hasil kunjungan wisatawan di Kaltara, juga alami peningkatan,” ungkapnya, Kamis (2/11/2023).

Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut, mayoritas ingin menyaksikan rangkaian kegiatan dalam rangka hari jadi Kaltara. Selain itu, banyaknya rangkaian kegiatan mulai dari penampilan artis ibu kota hingga folk dari 24 etnis suku yang ada bumi Benuanta.

Baca Juga:   Perusahaan dengan Status Zero Accident Bakal Diberikan Penghargaan

Berkaca dari jumlah pengunjung, kata dia lebih banyak domestik dan Mancanegara. Dengan presentasi  1,4 persen kenaikan selama dilakukan kegiatan benuanta fest.

Adapun, jumlah pengunjung diperkirakan setiap malamnya mencapai 20 hingga 30 ribu pengunjung. “Antusias masyarakat akan pesta rakyat Kaltara ini sangat tinggi pada tahun 2023.  Walapun, secara bersamaan dibulan yang sama 4 Kabupaten Kota juga merayakan,” bebernya.

Adanya penampilan setiap etnis lanjut dia, membuktikan Kaltara memiliki keberagaman dan keunikan yang diyakininya mampu menarik wisatawan domestik hingga Mancanegara.

Ia berharap wisatawan yang berkunjung ke Kaltara dapat serta menjajakan produk dari Kaltara sebagai oleh-oleh mereka. “Sehingga berdampak positif juga terhadap peningkatan ekonomi para pelaku UMKM,” tuturnya.

Disamping itu, dengan tersebarnya produk lokal asal Kaltara gred dan level produk tersebut ikut meningkat. “Kita membuka stan di gelaran pameran Kaltara Fest, dan setiap masyarakat yang berkunjung kita data,” pungkasnya. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER