spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tahun 2023, Kunjungan Wisatawan ke Kaltara Meningkat 100 Persen

TANJUNG SELOR – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) mempunyai banyak potensi wisata yang menarik, terutama pantai yang memukau.

Beberapa di antaranya bahkan telah dinyatakan sebagai desa wisata unggulan oleh pemerintah daerah. Dalam upaya pengembangan sektor pariwisata di Kaltara, sektor tersebut menjadi salah satu prioritas di tahun 2024.

Di tahun 2023, jumlah wisatawan yang berkunjung telah meningkat lebih dari 100 persen, terutama oleh wisatawan pantai.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltara, Njau Anau, saat dikonfirmasi menyatakan, berdasarkan data yang dimiliki oleh dinas pariwisata, terdapat 487.398 wisatawan nusantara dan 436.869 wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kaltara.

“Jadi, total keseluruhan wisatawan yang berkunjung ke Kaltara pada tahun 2023 adalah sebanyak 924.267,” ucapnya, saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Beberapa objek wisata yang tersedia di Kaltara seperti Pantai Tanah Kuning, wisata Pulau Sapi yang terletak di Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau yang menawarkan keindahan alam, budaya, serta kuliner khas masyarakat Dayak Lundayeh.

Njau juga menyebut bahwa kunjungan terbanyak terjadi pada hari libur, seperti Natal dimana kunjungan wisatawan membludak, terutama di Kota Tarakan dan Bulungan.

Baca Juga:   Kota Tarakan, Persentase Penduduk Miskin Tertinggi di Kaltara

Njau menjelaskan, jumlah kunjungan wisatawan meningkat dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya event yang diselenggarakan.

Pihaknya berupaya untuk meningkatkan sektor pariwisata di Kaltara, dengan mengadakan event budaya masyarakat yang banyak diminati oleh wisatawan.

“Diharapkan melalui event-event ini dapat meningkatkan pengembangan sektor pariwisata kita,” harapnya.

Pada tahun 2024, Njau sapaan akrabnya menambahkan, akan ada 32 event yang akan diadakan di Kaltara. Saat ini, event tersebut sedang direncanakan dengan mempertimbangkan kedua belah pihak yaitu kabupaten dan kota. Hal ini juga menjadi salah satu faktor pendorong untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kaltara.

“Jangan khawatir, kami telah melakukan berbagai upaya agar penyelenggaraan event dapat sesuai dengan kebutuhan serta kualitas yang dibutuhkan, untuk meningkatkan minat wisatawan,” pungkasnya. (tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER