spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Potensi Wisata Kaltara, Berpeluang Melesat Ke Kancah Nasional

TANJUNG SELOR – Provinsi Kaltara, memiliki potensi dan peluang pariwisata yang mumpuni jika dioptimalkan. Seperti potensi yang melesat hingga skala Nasional, berupa
Musik Alam Fest 2K23 di Kabupaten Bulungan, Irau Tengkayu dan Gelar Adat Budaya Dumud di Kota Tarakan.

Selain itu, potensi wisata ini juga diusulkan masuk dalam Calendar of Event (CoE) 2024. Berdasarkan hasil kurasi, terdapat 25 event bakal meramaikan Kaltara nantinya.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltara, Njau Anau menuturkan, ada 25 event yang masuk dalam CoE 2024, namun hanya beberapa yang masuk tingkat Nasional. Yakni Top 100 Kharisma Event Nusantara, oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Hal ini merupakan peluang, untuk dikembangkan. Karena ini potensi untuk terus kita tingkatkan,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kaltara, Njau Anau, kepada wartawan.

Nantinya, kata dia 25 event bakal meramaikan Kaltara di tahun 2024. Selanjutnya, peluncuram CoE Provinsi Kaltara dilaksanakan sebagai upaya menyebarluaskan informasi event yang ada di daerah sepanjang tahun 2024.

Ketika peluang wisata lokal dikembang optimalkan, kata dia bisa memacu rangsangan wisawatan masuk ke Kaltara. Dengan begitu, jumlahnya akan semakin meningkat seiring bertumbuhnya sektor wisata yang ada.

Baca Juga:   Progres Pembangunan RS TNI AD Capai 95 Persen

Tidak hanya itu, dengan hadirnya Top 25 CoE Kaltara 2024, sambung dia dapat mengerakan perputaran ekonomi masyarakat. Peluang dan potensi inilah kemudian terus digali oleh pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata.

“Pengembangan ini, kita mesti kolaborasi antara pihak pemerintah dan swasta. Karena pengembangan potensi wisata ini perlu kerja kolektif,” tandasnya. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER