spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringati HUT Kemerdekaan RI, Warga NTT Bulungan Gelar Turnamen Voli

TANJUNG SELOR – Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun 2023, merupakan momentum bersejarah. Untuk memaknai dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang, hingga titik darah penghabisan.

Masyarakat Indonesia diwajibkan untuk mengibarkan sang saka merah putih di halaman rumah maupun tempat terhormat lainnya, setiap bulan Agustus.

Namun, terlepas dari itu, momen yang paling sakral biasanya dikenal dengan upacara. Masyarakat Indonesia, di kenal dengan kekayaan hasanah budaya, adat istiadat dan tradisi.

Memaknai hari kemerdekaan 17 Agustus, biasanya dilakukan dengan beragam cara. Seperti perlombaan, apel dengan menggunakan kostum adat setiap suku, hingga pertandingan olahraga, yang kesemuanya itu berujung pada momen euforia atas kemerdekaan bangsa Indonesia dari cengkraman bangsa penjajah, Belanda dan Jepang.

Seperti halnya, Kerukunan Keluarga Besar (KKB) Nusa Tenggara Timur (NTT) di Kabupaten Bulungan, mereka ikut memeriahkan HUT ke-78 RI, dengan gelar pertandingan voli. Turnamen itu, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, SE,. M. Si.

Disela sambutannya, wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala menyampaikan selaku pemerintah daerah menyampaikan terimakasih tak terhingga kepada warga NTT di Bulungan, yang telah ikut serta berkontribusi dalam pembangunan daerah.

Baca Juga:   Dua Peserta Paskibraka Asal Kaltara Resmi Berangkat ke Jakarta

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh warga NTT di Bulungan, atas kontribusinya dalam mendukung pembangunan pemerintah daerah,” singkatnya.

Untuk lokasi pelaksanaan turnamen voli NTT cup tahun 2023, memilih di Slimau II, Kelurahan Tanjung Selor Timur, Kecamatan Tanjung Selor, Bulungan.

“Kegiatan ini, selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, juga bagian daripada mempererat tali persaudaraan, dan silaturahmi antar sesama warga NTT, khsususnya di Kabupaten Bulungan,” ucap Ketua Panitia Pelaksana, Yohanes Jenarut, kepada wartawan, Kamis (17/8/2023).

Turnamen voli NTT Cup  tahun 2023, dilibatkan dari 8 sub suku yang ada di Bulungan. Setiap sub suku, menampilkan tim terbaiknya dengan kategori masing-masing dua tim putra dan putri.

“Sehingga secara keseluruhan ada 16 tim yang kita libatkan dalam turnamen kali ini,” tukasnya.

Sebagai bentuk antusiasme masyarakat dalam keterlibatan turnamen ini, panitia telah menyiapkan total hadiah sebanyak Rp 10 juta. Sumber pendanaan merupakan sumbangsih donatur yang sifatnya tidak mengikat.

“Kami berharap pertandingan ini bisa berjalan lancar, serta ucapan terimakasih kepada seluruh panitia pelaksana yang telah meluangkan dan mengorbankan waktu, tenaga sehingga kegiatan turnamen voli  NTT cup tahun 2023 berjalan aman, dan lancar,” pungkasnya.

Baca Juga:   Kodim 0903 Bulungan Siap Kolaborasi Amankan Pemilu 2024

Sebagai informasi, pembukaan turnamen NTT CUP Tahun 2023,warga NTT Kaltara kompak mengenakan pakaian adat masing-masing. Pasalnya, itu dilakukan sebagai bentuk pengenalan keunikan budaya masing-masing suku yang ada. Tapi,esensinya tetap Bineka Tunggal Ika berbeda-beda tapi tetap satu.

Sementara itu, Ketua KKB NTT Bulungan, Serfus Yanto menambahkan turnamen Voli NTT CUP tahun 2023, merupakan perdana digelar di Slimau II. Teknisnya, pelaksanaan pertandingan dengan memanfaatkan waktu di hari libur.

“Tujuanya supaya tidak mengganggu waktu kerja. Karena, rata-rata yang ikut turnamen memiliki kesibukan dengan rutinitas masing-masing. Jadi, harapannya sekali lagi untuk meningkatkan rasa kekeluargaan antar sesama warga NTT di tanah rantau,khususnya di Bulungan,” tambahnya.

Dirinya berharap, pemerintah daerah dapat memperhatikan warga NTT di Bulungan, lebih khususnya di Slimau II. Perhatian yang dimaksud, tentu beragam aspek, seperti sumber daya manusia maupun infrastruktur.

“Kita ketahui bersama, akses jalan dan air bersih di Slimau II masih minim dirasakan oleh masyarakat. Semoga, di usia ke-78 RI, dapat mewujudkan pembangunan merata khususnya di Bulungan,” tambahnya.

Baca Juga:   Diduga Palsukan Dokumen, Satu Caleg Terancam Gugur

Sebagai informasi, pemilihan lokasi Slimau II untuk kegiatan Turnamen NTT Cup tahun 2023, juga ada kaitannya dengan rencana pembangunan Rumah Singgah atau Sekretariat NTT Kabupaten Bulungan. (tin/and)

Reporter: Martinus Nampur, Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER