spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Khofifah Ajak Muslimat NU se-Kota Tarakan Jaga Moderasi Beragama

TARAKAN – Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, mengajak seluruh Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) se-Kota Tarakan untuk menjaga moderasi beragama. Hal itu ia sampaikan saat melantik Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Ranting Muslimat NU se-Kota Tarakan di Convention Hall Kantor Banhub Pemprov Kaltara, Senin (18/12/2023).

Khofifah yang juga menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur ini menjelaskan, Muslimat NU merupakan organisasi yang memiliki anggota sekitar 32 juta di seluruh wilayah di Indonesia. Termasuk 12 Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) di berbagai negara.

Ia berharap dengan hadirnya Muslimat NU tak terkecuali di Tarakan dapat meningkatkan peran dalam membangun moderasi dan toleransi. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat dalam kegiatan pelantikan yakni Muslimat NU berkhidmat untuk NKRI dalam mengawal demokrasi.

Menurutnya, moderasi beragama sangat diperlukan sebagai jalan tengah untuk mencegah terjadinya radikalisme di masyarakat. Terlebih di negara Indonesia yang terkenal sangat majemuk.

Maka dari itu, lanjut Khofifah, sikap moderasi dan toleransi antar umat beragama merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk menjalankan sikap pluralisme.

Baca Juga:   10.000 Butir Double-L Gagal Beredar

“Mereka membangun moderasi dan toleransi. Mereka membangun keseimbangan kelompok yang mungkin mengalami perbedaan siginifikan. Maka dari itu saya berharap fungsi muslimat sebagai sosok yang dapat membangun moderasi dan toloransi untuk tetap dibangun. Itulah kenapa kemudian saya hadir di sini sebagai bagian dari penguatan bagaimana perempuan menjadi juru damai,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Tarakan, Hj Siti Laela mengatakan pelantikan ini merupakan tindak lanjut setelah dilakukan kongres.

Mulai dari kongres wilayah, muslimat tingkat kota, pembentukan pimpinan anak cabang hingga ke tingkat ranting-ranting.

“Ini sudah terbentuk semua sehingga wajib di SK kan. Saya selaku ketua pimpinan cabang, setelah di sk kan lalu mengadakan pelantikan. Alhamdulillah ketua umum bersedia hadir dan ini merupakan sebuah anugerah yang luar biasa karena beliau tidak pernah menghadiri cabang biasanya hanya wilayah,”katanya.

“Tapi Alhamdulillah beliau hadir dan membawa berkah kepada kami semua terutama maklumat NU. Dengan kehadiran beliau, Kami juga berharap seluruh ibu-ibu muslimat NU lebih berjuang dan mengabdi kepada NU,”sambungannya.

Baca Juga:   Kebakaran Lahan di Kampung Enam Tarakan, Petugas Butuh Waktu Empat Jam Padamkan Api

Laila mengungkapkan total ada sekitar 1910 anggota yang dilantik pada hari ini. Dengan rincian 70 ranting dan 4 anak cabang. Salah satu arahan dari Ketua Pusat NU, kata Laila, selain meminta menjaga moderasi beragama juga meminta anggota untuk terus menambah, mencari dan mengkaji ilmu.  “Dengan ilmu menjadi amal dan amal akan menjadi akhlak,” pungkasnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER