spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kesiapan Logistik Pemilu Capai 90 Persen

TANJUNG SELOR – Pemilihan umum (Pemilu) merupakan momen penting, bagi setiap negara untuk menentukan arah  masa depan bangsa.

Persiapan Pemilu, termasuk kesiapan logistik menjadi salah satu faktor kunci dalam kelancaran penyelenggaraan Pemilu.

Menjelang Pemilu 2024, Bupati Bulungan, Syarwani bersama Wakilnya, Ingkong Ala dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bulungan melakukan monitoring ke gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan, bertempat di Dome Sport Center, Selasa (30/1/2024).

Dalam monitoring tersebut, Syarwani mengungkapkan kesiapan logistik sudah mendekati 100 persen.

“Sekarang sudah mencapai 80-90 persen, dan akan didistribusikan ke 484 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Bulungan,” singkat Syarwani.

Sementara itu, Kapolresta Bulungan, Kombes Pol Agus Nugraha, menerangkan, dari sisi keamanan kepolisian telah memetakan pengamanan pemilu tahun 2024.

“Ada 10 personel yang ditugaskan untuk mengamankan gudang logistik. Dengan teknis kerja secara shif-shifan,” ucapnya.

Sementara, personel yang ditugaskan untuk pengamanan gudang logistik ada sebanyak 315 personel untuk pengamanan di tiap TPS.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani mengatakan kesiapan logistik sudah mencapai 80-90 persen, sampai dengan hari ini.

Baca Juga:   Kapolda Kaltara Tepis Tudingan IPW Terkait Dugaan Suap Niaga BBM

Tinggal memasukan surat suara ke dalam kotak suara, untuk kemudian dilanjutkan distribusi ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pihaknya menargetkan, H-7 pelaksanaan pencoblosan sudah selesai. Kemudian, diperkirakan, H-3 atau H-2 logistik sudah didistribusikan ke TPS yang berada di wilayah terjauh.

“Kalau wilayah terdekat kemungkinan akan mulai didistribusikan pada H-1 pencoblosan,” tukasnya.

Kemudian, untuk pergantian surat suara yang rusak, KPU Bulungan masih menunggu dari KPU Kaltara. Untuk surat suara yang rusak jumlahnya tidak banyak. Jadi, tidak menjadi persoalan. (tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER