spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

HUT Tana Tidung ke-16, Upun Taka Harus Bangkit dan Maju

TANA TIDUNG – Peringatan HUT Kabupaten Tana Tidung (KTT) ke-16 tahun 2023 mengusung tema Upun Taka Bangkit dan Maju. Bupati KTT, Ibrahim Ali menjelaskan, makna tema tersebut adalah mengajak masyarakat untuk bangkit dan bersama membangun daerah usai melalui pandemi Covid-19.

“Jadi ini merupakan momen titik pulih ekonomi. Maka dari itu harus ada semangat kolaborasi dan profesionalisme demi tercapainya pembangunan yang berkelanjutan serta peningkatan ekonomi yang berkualitas,” ungkapnya di depan sejumlah awak media, Kamis (10/8/2023).

Dia mengatakan, dalam peringatan HUT tersebut juga tidak melupakan asal-usul historis dan budaya. “Saya berterimakasih kepada presidium pembentukan Tana Tidung atas jasa yang telah memprakarsai terbentuknya KTT, termasuk juga kepala daerah pendahulu dalam membentuk landasan transformasi menuju Tana Tidung lebih baik,” tuturnya.

Bupati menceritakan, saat dirinya dilantik dengan Wakil Bupati Hendrik, momennya bertepatan dengan situasi ekonomi tidak menentu akibat pandemi Covid-19, secara Nasional termasuk di KTT.

“Namun, kami berkomitmen untuk terus berupaya berikan yang terbaik bagi masyarakat, melalui pembangunan pentahelix, yakni pemerintah, masyarakat, dunia usaha, akademisi dan media masa dalam mewujudkan visi-misi, program pemerintah daerah,” jelasnya.

Baca Juga:   Perbanyak IPLT Wujudkan KTT Bersih

Upun Taka Bangkit dan Maju, kata dia, harus diwujudkan demi percepatan pencapaian visi-misi pemerintah daerah. Yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Visi KTT yaitu terwujudnya Tana Tidung Bermartabat, Sejahtera, Indah dan Humanis (Bersih) ditopang dengan 7 misi, meningkatkan SDM, pembangunan infrastruktur dasar terpadu, pembangunan ekonomi berkerakyatan berbasiskan Sumber Daya Alam (SDA).

Kemudian meningkatkan kelestarian lingkungan hidup, meningkatkan kemandirian desa, tingkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, tingkatkan keamanan, ketertiban wilayah, dengan perpaduan program unggulan yang dinamis.  Yaitu, KTT Sehat, KTT Pintar, KTT Ada, KTT Terang, KTT Berdaya, KTT Digital.  Pembangunan marcusuar dan pembangunan pusat pemerintahan. “Serta pembangunan yang inovatif,melalui program KTT melayani, indah dan cermatcermat,” pungkasnya. (tin/and)

Reporter: Martinus Nampur

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER