spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Festival Iraw Tengkayu Masuk Top 45 Event Nasional di Kementerian Pariwisata

TARAKAN – Festival Iraw Tengkayu masuk dalam top 45 event Nasional di Kementerian Pariwisata. Hal itu disampaikan Wali Kota Tarakan, saat membuka Malam  Kebudayaan Daerah 2023 Minggu (1/10/2023) malam, di Stadiun Datu Adil.

“Festival Iraw Tengkayu dulu hanya dilakukan dua tahun sekali. Tetapi karena festival ini sejak tiga tahun terakhir sudah masuk kalender of event dari Kementerian Pariwisata. Tahun-tahun sebelumnya masuk dalam 100 even nasional sekarang uda masuk di 45,” ucap Khairul.

Dirinya mengatakan, Pemerintah Kota Tarakan tengah menargetkan Festival Iraw Tengkayu masuk ke dalam top 10 event Nasional Kementerian Pariwisata. Untuk mewujudkan hal itu, Pemerintah Kota Tarakan gencar melakukan promosi.

“Kalau sakarang masih 45. Semoga bisa naik dari 100 ke 45. Mudah-mudahan dengan berbagai upaya, kemasan menarik serta promosi dari waktu ke waktu semoga Iraw Tengkayu bisa masuk 10 besar,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tarakan sekaligus Ketua Panitia, H.A. Hamid Amren mengatakan rangkaian Festival Iraw Tengkayu berlangsung sejak 28 September hingga 8 Oktober 2023.

Baca Juga:   2024 Mendatang, UBT Buka Penerimaan Mahasiswa Fakultas Kedokteran

“28 September dimulai dengan lomba Japin kemudian tanggal 1 hingga 6 Oktober diisi dengan Pekan Kebudayaan Daerah. Dilanjutkan dengan lomba olahraga tradisional di 7 Oktober. Puncaknya dilaksanakan pada 8 Oktober yakni  Pelarungan Padaw Tuju Dulung dan malam hiburan rakyat,” ungkapnya.

Menurutnya, Festival Iraw Tengkayu selain dapat memperkenalkan bentuk dan nilai budaya ke seluruh masyarakat. Festival ini, kata dia juga sebagai bentuk pelestarian warisan budaya bangsa sebagai potensi untuk pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

”Dan yang tak kali penting untuk meningkatkan kesadaran semua pihak terhadap potensi kearifan lokal adat dan istiadat,” tandasnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER