spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Berau Ikut Workshop dan Bimtek Pelaksanaan Anggaran dan Etika Komunikasi Politik

TANJUNG REDEB – Sebagai bentuk peningkatan kapasitas dan kompetensi untuk menjalankan fungsi dan tugas sebagai wakil rakyat, Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Berau mengikuti workshop dan bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota dalam pelaksanaan fungsi anggaran serta etika komunikasi politik.

Ketua DPRD Berau, Madri Pani mengatakan, wakil rakyat yang dipilih secara langsung berdasarkan asas demokrasi yang dilaksanakan secara jujur dan adil sangat memerlukan pemahaman dalam proses pembahasan anggaran. Mulai tingkat pemahaman mengenai proses penyusunan, pembahasan, sampai dengan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD.

“Sehubungan dengan fungsi tersebut, DPRD mempunyai hak dan kewajiban, serta tugas dan wewenang, baik secara individual maupun institusional,” ungkapnya.

Lanjutnya, peran dan fungsi DPRD sangat penting dalam mengawal lembaga eksekutif serta mendorong dikeluarkannya kebijakan publik yang partisipatif dalam mengangkat dan menyejahterakan masyarakat.

“Mengingat peran dan fungsi yang sangat strategis, maka setiap anggota dituntut untuk memiliki kapasitas dan kompetensi yang memadai dalam rangka turut serta menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai wakil rakyat,” ujarnya.

Baca Juga:   Harap Kepala Dinas Kesehatan Yang Baru Proaktif

Dirinya menyebut, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dalam upaya meningkatkan pemahaman, kemampuan, kapasitas, dan kapabilitas yang harus dimiliki oleh setiap anggota DPRD Berau.

“Ini juga upaya kami dalam memahami setiap aturan yang terus mengalami perubahan dan dinamika,” katanya.

Dengan memahami aturan secara baik dan benar, Dirinya percaya bisa mengemban tugas dengan baik sesuai dengan apa yang telah dipikul di pundak masing-masing dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

“Saya mengajak kepada seluruh anggota agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh perhatian agar mampu menumbuh kembangkan pola pikir, sikap, dan prilaku sebagai wakil masyarakat dalam mengelola sistem penganggaran yang akuntabel, partisipatif, dan transparansi. Terlebih kesiapan dalam menghadapi Pemilu tahun depan,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Madri mewakili seluruh anggota DPRD Berau berterima kasih kepada Pengurus Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia (ADKASI) beserta jajarannya, para narasumber dan pemateri dari Kementerian Dalam Negeri atas upaya dan kerja keras yang telah dilaksanakan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga:   Soal Pembangunan Puskesmas di Kampung Tanjung Perangat, Sakirman: Kami Sudah Koordinasikan

“Harapan kami, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai pembelajaran, menambah ilmu pengetahuan, dan sebagai penyeimbang dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan dan pembangunan bagi kami untuk dapat bekerja, berbuat, berjuang, dan menuntaskan aspirasi masyarakat,” pungkasnya. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER