spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPKD Kaltim Ajak Masyarakat Untuk Memanfaatkan website Pustaka Borneo, Untuk Mengenalkan Budaya

SAMARINDA – Terpilih sebagai Center of Excellence Borneo sejak 2010 lalu oleh pemerintah pusat,  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dipercaya mengelola website Pustaka Borneo. Hal ini dikatakan oleh Pustakawan Ahli Muda DPKD Kaltim Winda Fitri Yantie SE MM

“www.pustakaborneo.org adalah situs rumah belajar, jadi ini program pemerintah pusat sebenarnya sejak ditunjuk sebagai Center of Excellence Borneo, Kaltim diamanahi sebagai pengelola pusat situs ini, nah karena namanya Borneo jadi ini website untuk seluruh Kalimantan, jadi jika ada dari Kalbar, Kalteng, Kalsel, dan Kaltara ingin mengajukan pengembangan situs Pustaka Borneo mesti melewati pengelola di Kaltim,” ungkapnya.

Manfaat dari situs ini adalah sebagai sarana memperkenalkan budaya khas Kalimantan, konservasi alam, kesehatan, pengembangan pertanian organik, tanaman obat dan lain-lain kepada lingkungan sekolah, masyarakat setempat dan masyarakat umum.

Oleh sebab itu Yantie berharap kepada masyarakat diseluruh Kalimantan, khusunya Kaltim untuk bisa memanfaatkan situs Website Pustaka Borneo, agar budaya dan sejarah yang ada di Kalimantan bisa dikenal seluruh Indonesia.

Baca Juga:   Lakukan Bimtek untuk Tingkatkan SRIKANDI

“Kita pun koordinasikan seluruh perpustakaan yang ada di Kaltim untuk memanfaatkan Situs ini untuk meng-upload mengenai sekolah atau Desa/Kelurahan yang berkaitan tentang budaya disekitar mereka, agar kebudayaan yang ada bisa dikenalkan,” katanya.

Situs ini, selain banyak memuat tentang konten kebudayaan  literasi, didalamnya  juga mengenalkan sejarah Kesultanan yang ada di wilayah Kalimantan, tapi untuk naskah kuno berkaitan sejarah Kesultanan, yang dimuat  hanya sebagian draf secara umum, untuk lebih jelas dan lengkap pembaca diarahkan untuk mendatangi perpustakaan yang menyimpan naskah kuno tersebut.

“Misalkan ada yang ingin mengetahui sejarah kesultanan Kutai di situs ini, cuma informasinya tidak lengkap karena berupa draf saja, jika ingin mengetahui lebih agar bisa mendatangi perpustakaan Kaltim, karena berkas sejarah itu gak bisa sembarangan di muat atau di minta, begitu pula tentang kesulatanan lainnya di seluruh Kalimantan, Contohnya kesultanan Banjar artinya menatangin ke Perpustakaan Kalsel untuk lebih jelasnya,” paparnya.

Dia berharap dengan adanya situs Pustaka Borneo ini masyakat Kaltim akan lebih mengenal budaya-budaya yang ada di Kalimantan dan mampu mencerdaskan masyarakat.

Baca Juga:   Lestarikan Naskah Kuno, DPK Kaltim Ajak Masyarakat yang Memiliki untuk Diarsipkan

“Semoga mampu menambah wawasan,  meningkat minat baca serta mengembangkan budaya literasi,” tutupnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER