spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Digelar 4 Hari, Wagub Yansen Resmi Tutup Ilau ke-V Dayak Tenggalan

SEBUKU – Wakil Gubernur (Wagub) Dr. Yansen TP, M.Si menghadiri sekaligus resmi menutup Kegiatan Ilau ke-V Dayak Tenggalan di Desa Sujau, Kecamatan Sebuku, Kabupaten Nunukan, Sabtu (15/7/2023) dengan mengusung tema Angaluat Da Budaya Mintopot Maya Da Dalan Nu Akion.

“Angaluat Da Budaya Mintopot Maya Da Dalan Nu Akion,” sendiri memiliki makna “Mengangkat, Yakin dan Percaya Ikut atau Jalani Pengakuannya Kakek Moyang yang Terdahulu”.

Wagub Kaltara yang mengenakan pakaian berwarna hitam bermotif Dayak Tenggalan mengucapkan selamat atas kelancaran/kemeriahan acara.

“Suatu kebanggaan bagi saya dapat menyaksikan langsung Ilau Dayak Tenggalan ke-V. Saya juga mengapresiasi suku Dayak Tenggalan yang berperan penting untuk melestarikan budaya ini,” ujar Wagub Yansen TP.

Wagub Yansen berharap lewat kegiatan ini dapat mempresentasikan wajah budaya Dayak Tenggalan keseluruh Indonesia.

“Kita Dayak Tenggalan harus hadir sebagai bagian dari suku bangsa di Indonesia. Suku itu tidak melihat perbedaan pangkat dan jabatan. Mulai dari sekarang di mana pun kita berada, tunjukkan citra baik suku kita,” ajaknya.

Baca Juga:   Sekda Hadiri Rakor Pembentukan Desa Anti Korupsi

Tak lupa, Wagub juga turut mengajak para pemuda Dayak Tenggalan ikut serta dalam membangun negeri tanpa mengenyampingkan kebudayaan. Dirinya yakin, Dayak Tenggalan dapat memberi warna pada Indonesia melalui persatuan dan perbedaan budaya.

“Ilau ini adalah salah satu model untuk membangun kapasitas dan kekuatan semangat kita dengan warna warni etnis yang dimiliki,” tutup Wagub Yansen.

Untuk diketahui, acara ini digelar selama 4 hari yakni dari tanggal 12 hingga 15 Juli 2023 dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni seperti Fashion show serta tari-tarian khas budaya Dayak Tanggalan.

Turut hadir diantaranya Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltara, Kepala DPUPR-Perkim Kaltara, Kepala Biro Pembangunan, Ketua Adat Dayat Tenggalan, serta tokoh masyarakat dan Forkopimda Kabupaten Nunukan. (dkisp)

Baca Juga:   Bunda PAUD Sebut Tugas dan Peran Guru PAUD/TK Luar Biasa
16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER