spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Pela Ditetapkan Sebagai Desa Ekonomi Inklusif

TENGGARONG – Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun, akhirnya diresmikan sebagai Desa Ekosistem Inklusif (DEI), pada Sabtu (10/8/2024). Kick Off Launching Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Desa Pela, dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Pela, dirangkai dengan Edukasi Hari Indonesia Menabung.

Mewakili bupati Kukar, Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Ahyani Fadianur Diani, menyampaikan penetapan Desa Pela diharapkan bisa meningkatkan pemahaman masyarakat di pedesaan. Tentang lembaga, produk, dan layanan keuangan melalui pelatihan dan edukasi kepada para perangkat desa. Termasuk seluruh masyarakat desa, siswa-siswi dari SD, SMP, SMA.

Program EKI di Desa Pela inipun, diharapkan bisa semakin meningkatkan literasi dan inklusif keuangan. “Yang pada akhirnya dapat mewujudkan peningkatan keejahteraan masyarakat di Desa Pela,” ungkap Ahyani.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bankaltimtara Tenggarong, Eryuni Ramli Okol, program ini sebagai upaya yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan inklusi keuangan. Khususnya di wilayah perdesaan, melalui program untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Inisiasi EKI didalamnya mencakup program Ekosistem Keuangan Inklusif yang menjabarkan upaya OJK menumbuhkan sumber ekonomi baru di wilayah Indonesia, utamanya untuk wilayah perdesaan,” tutup Eryuni. (ADV)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER