spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Khairul Lantik Jamaludin jadi Setda Tarakan

TARAKAN – Wali Kota Tarakan, dr. Khairul melantik Jamaludin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Tarakan menggantikan Hamid Amren. Masa jabatan Sekda Pemkot Tarakan, Hamid Amren berakhir 31 Desember 2023 dan kini telah memasuki purna tugas. Jamaluddin sebelumnya menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Tarakan.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, dan dipimpin langsung Wali Kota Tarakan, dr. Khairul Senin (1/1/2024).

Selain Jamaludin, dilantik pula Elang Buana sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tarakan yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan.

Momen pelantikan yang dipimpin Wali Kota Tarakan, dr. Khairul. (IST)

Kemudian Alek Sandra Hasan Maukar menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tarakan menggantikan pejabat sebelumnya yakni Eddy Suriansyah.

Sementara itu Eddy Suriansyah bergeser menggantikan jabatan yang diduduki Elang Buana sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Partania Kota Tarakan.

Wali Kota Tarakan, dr Khairul mengatakan, harapan dan semangat harus mengawali Tahun Baru 2024. Orang nomor satu di Kota Tarakan ini juga berharap kesuksesan dan kebahagiaan dapat terwujud di tahun 2024.

Baca Juga:   Sabu Seberat 485,35 gram Dimusnahkan BNNP Kaltara

Di kesempatan itu, dia  menyampaikan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik.”Proses pemilihan Sekda Kota Tarakan dan Asisten Administrasi Umum Setda Tarakan melibatkan panitia seleksi (pansel) sejak Agustus 2023,” ungkap Khairul.

Pelantikan ini juga bertujuan agar terjadi percepatan pelaksanaan berbagai program unggulan dalam 16 program prioritas. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keberlanjutan pembangunan. “Sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),”katanya.

Dia juga berpesan jabatan yang telah diberikan adalah amanah dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Menurutnya, jabatan harus dimaknai sebagai sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan tidak hanya di hadapan sistem ketatanegaraan yang berlaku, tapi juga dipertanggungjawabkan nanti secara pribadi kepada Tuhan.

“Jabatan Tinggi Pratama dan Madya ini hasil dari seleksi terbuka dilaksanakan secara bertahap sejak beberapa waktu lalu. Tahapan seleksi terbuka ini baian dari manajemen kepegawaian untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” ungkap Khairul.

Khairul menginstruksikan kepada semua aparatur yang dilantik,  sebagai bagian dari pelaksana dan penanggungjawab program dan kegiata di tiap OPD, maka harus segera melakukan percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang saat ini menjadi fokus prioritas untuk dilaksanakan Pemkot Tarakan.

Baca Juga:   Mitigasi Perubahan Iklim, 200 Bibit Pohon Ditanam di Sungai Batu Mapan

“Secara berurutan mulai dari pemenuhan pelayanan dasar, pelaksanaan 16 program unggulan. Kemudian sinkronisasi, efisiensi, pastikan seluruh program dan kegiatan dia masing-masing OPD berjalan efektif dan tepat sasaran,” jelasnya.

Selanjutnya melakukan inovasi dan pembaruan di lingkungan kerja, tanamkan nilai dan budaya organisasi yang dinamis, solutif dan berorientasi kinerja.

Selanjutnya, aparatur harus tetap bisa menjaga integritas sebagai ASN yang menjadi cerminan wajah Pemkot Tarakan. Patuhi kode etik profesi,  pahami, jauhi hal dilarang dan bertentangan.

“Terima kasih juga kepada Pak Hamid Amren yang sudah memasuki purna tugas atas segala pengabdian dan dedikasinya, semoga apa yang telah beliau sumbangkan selama ini akan menjadi bekal berharga bagi kemajuan dan keberlanjutan kota,” pungkasnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER