asd
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sukses Antarkan Kampung Labanan Makarti Juara Nasional

JAKARTA – Kepemimpinan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas bersama Wakil Bupati, Gamalis, kembali sukses mengantarkan Kampung Labanan Makarti Kecamatan Teluk Bayur menjadi juara pertama lomba desa tingkat nasional regional III Tahun 2023.  Penghargaan Anugerah Upakarya Wanua Nugraha untuk kali kedua diterima Bupati Berau langsung dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian. Penghargaan diberikan pada rangkaian pembukaan temu karya nasional di Discovery Convention Center Ancol Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Anugerah Upakarya Wanua Nugraha diberikan kepada tujuh gubernur, diantaranya Gubernur Riau, Bali, Kalimantan Timur, Lampung, DKI jakarta, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Selain itu diberikan lima wali kota, yakni Wali kota Metro, Jakarta Utara, Denpasar, Balikpapan dan Bima. Serta kepada tiga bupati, diantaranya Bupati Berau, Kampar dan Alor.

Penghargaan ini diberikan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, kepada kepala daerah sebagai pembina desa, atas prestasi dan komitmen dalam memajukan desa dan kelurahan di wilayahnya. Penghargaan Upakarya Wanua Nugraha ini juga diberikan kepada Wali Kota Balikpapan yang kelurahannya juga meraih juara pertama lomba kelurahan tingkat nasional. Dan juga diberikan kepada Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Mendagri, Tito Karnavian, mengucapkan selamat kepada kepala daerah yang telah meraih juara lomba desa tahun 2023. Serta kepada gubernur, wali kota dan bupati yang telah menerima penghargaan sebagai pembina desa terbaik di Indonesia.

“Terima kasih banyak kepada teman teman gubernur, bupati dan wali kota. Tidak gampang juga karena gubernur terpilih dari 38, wali kota dari 98 dan teman teman bupati swbagai pembina desa dari 416 bupati se Indonesia,” ungkapnya.

Mendagri memberikan apresiasi kepada kepala daerah yang memang patut untuk mendapat penghargaan dan berharap kegiatan ini dapat semakin memotivasi supaya desa dan kelurahan semakin berkembang. Sentra ekonomi baru terus tumbuh di desa dan kelurahan. “Serta semoga teman teman kepala daerah lain terpancing untuk ikut membantu, tentu dengan APBD untuk memperkuat dana desa,” ucapnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan rasa syukur dan bahagia atas kembali diraihnya penghargaan upaya wanua nugraha untuk Kabupaten Berau. Penghargaan ini menjadi kebanggaan tidak hanya pemerintah tetapi seluruh masyarakat Bumi Batiwakkal. Secara khusus bupati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kampung Labanan Makarti yang telah membawa nama harum Kabupaten Berau dengan meraih juara satu nasional lomba desa tahun 2023. “Alhamdulillah tahun ini kita kembali menerima upakarya wanua nugraha, yang diwakili Labanan Makarti sebagai juara satu lomba desa tingkat nasional,” ucapnya.

Sri Juniarsih berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan dan menjadi motivasi bagi kampung lain di Kabupaten Berau untuk terus berinovasi membangun kampung mengoptimalkan badan usaha milik kampung meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kampung.

“Penghargaan ini menjadi motivasi kita semua, dengan tujuan utama meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai wakil Kalimantan Timur, Kampung Labanan Makarti sebelumnya telah melalui tahapan penilaian dan verifikasi lapangan, serta tahapan presentasi tigas besar, langsung dihadapan dewan juri di Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri. Labanan Makarti menyisihkan Desa Jawai Laut Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang meraih peringkat kedua dan Desa Bombanon Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah diperingkat ketiga.

Kepala Kampung Labanan Makarti, Mudawi, usai menerima penghargaan, mengungkapkan rasa bersyukur atas apa yang telah diraih. Juara ini dikatakannya menjadi pemicu semangat untuk terus memberikan yang terbaik dalam membangun kampung. Mudawi menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Labanan Makarti dan Kabupaten Berau. Serta Bupati dan seluruh jajaran Kecamatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) dan Pemprov Kaltim yang terus memberikan bimbingan hingga berhasil menjadi yang terbaik di tingkat nasional. “Kami sangat bersyukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membimbing kami sehingga berhasil meraih juara dilomba desa ini,” tandasnya.

Mudawi memberi motivasi kepada Kepala Kampung lainnya di Kabupaten Berau untuk terus melakukan yang terbaik dan bersiap mengikuti lomba desa berikutnya. Sehingga kedepan akan terus ada desa berprestasi dari Bumi Batiwakkal yang meraih juara hingga ketingkat nasional.

Selain Labanan Makarti, dari Kalimantan Timur, juara lomba kelurahan tingkat  nasional regional III ini juga diraih Kelurahan Karang Rejo, Kota Balikpapan. (RN/Prokopim/Mnz/Dez)

Pewarta: Amnil Izza, Editor: Dezwan

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER