spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Subden Gegana Satbrimob Polda Kaltara Lakukan Sterilisasi Gereja di Tarakan

TARAKAN – Memastikan kelancaran dan keamanan Natal 2023, Gegana Satbrimob Polda Kaltara melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Tarakan, pada Minggu (24/12/2023).

Kegiatan strilisasi dimulai pagi tadi sekitar pukul 07.00 WITA, di dua tempat yakni Gereja Bhetany Pasir Putih dan GPDI berlokasi di Jalan Mulawarman Kota Tarakan.

Mewakili Dansat Brimob Polda Kaltara dan Wakasubden Den Gegana, Aipda Hasan, Komandan Tim II  Detasemen Gegana Satbrimob Polda Kaltata menjelaskan bahwa , pemeriksaan gereja pagi ini menyasar di bagian luar dan dalam ruangan.

Selain itu, pada tempat ibadah seperti mimbar, sound system, tempat duduk, dan jendela. Hal ini dilakukan guna memastikan semua tak luput dari pemeriksaan sehingga ibadah natal berjalan aman dan lancar.

“Kami juga setiap tahun dapat permintaan dari satuan wilayah melaksanakan sterilisasi. Jadi pagi ini sementara dua gereja, nanti malam ada lagi beberapa gereja akan kami sterilisasi,” ucap Aipda Hasan saat diwawancara usai kegiatan sterilisasi.

Adapun personel yang dikerahkan pada kegiatan pagi ini , lanjutnya, ada 20 personel Brimob yang terbagi dalam dua tim.

Baca Juga:   Dukung Komunitas Hash Harriers Promosikan Pariwisata Kaltara

“Kami masuk di tim 2. Yang nanti siang sore ada tim 1. Peralatan yang dibawa hari ini seperti peralatan jibom dan lainnya,” paparnya.

Dari hasil pantauan, dia mengatakan semuanya aman terkendali dan tidak ada tanda-tanda mencurigakan.

“Di wilayah Tarakan, sementara ini belum pernah terjadi hal mencurigakan. Karena yang diperiksa personel ada saklar lampu,  sound system, WC, mimbar yang menjadi tempat khutbah, termasuk wilayah luar di area parkiran, taman, dan lainnya,” ungkap Aipda Hasan.

Usai melakukan sterilisasi, tim bertugas berjaga di gereja dan malamnya akan berlanjut melakukan sterilisasi dengan tim  yang sama.

“Nanti malam ada dua tim bertugas. Terbagi ada  bertugas di Tarakan Barat dan ada Tarakan Tengah dan Utara,” bebernya.

Kegiatan sterilisasi sendiri sesuai surat perinfsh dari Polres Tarakan yang dimulai pada 24 hingga 25 Desember 2023. “Setelah sterilisasi kami stanby di gereja sambil menunggu teman-teman polsek,” pungkasnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER