spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sortir Surat Suara, Ditargetkan Rampung Bulan Ini

TANJUNG SELOR – Ribuan surat suara untuk pemilu serentak tahun 2024, telah tiba di dome sport center yang merupakan gudang logistik KPU Bulungan. Setelah seluruh logistik tersebut tiba disetiap Kabupaten dan Kota di Kaltara. Tahap selanjutnya, dilakukan sortir atau memilah surat suara yang bagus dan rusak.

“Kita memilih dan memilah terlebih dahulu terhadap surat suara yang ada. Jika ditemukan ada surat suara yang rusak, kita usulkan untuk dilakukan perbaikan,” kata Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami, Rabu (3/1/2023).

Selain surat suara, kata Surya kotak suara juga telah disediakan. Bahkan, proses perakitan telah usai sembari menunggu proses pendistribusian ke tiap-tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Pihaknya menargetkan, proses sortir surat suara tersebut bakal dimulai pada bulan ini. “Kita targetkan proses sortir tidak sampai satu bulan, kalau bisa tiga minggu bisa selesai,” ucapnya.

Dia memastikan, proses sortir surat suara tersebut bisa rampung sebelum memasuki bulan Februari 2024. “Iya, itu kita lakukan sebagai bentuk antisipasi, jika ada surat suara yang rusak dan perlu di ganti kita laporkan ke pihak penyedia,” jelasnya.

Baca Juga:   Tugaskan Panwascam dan PKD, Inventarisir Alat Peraga Sosialisasi

Apalagi, saat ini hanya tersisa 41 hari lagi pemungutan suara, maka segala persiapan harus dimatangkan. “Saya memberikan atensi khusus terkait kesiapan logistik ini. Mengingat, ini merupakan objek vital,” terangnya.

Kendati demikian, Surya memastikan penerimaan logistik tersebut dalam keadaan baik dan sesuai. Baik dari kotak suara, bilik suara, segel kertas, kabel tis dan segel plastik.

Namun, untuk tinta sempat terjadi kebocoran beberapa dan KPU telah meminta ganti dari pihak penyedia. Berkaitan dengan kerusakan surat suara, menurutnya akan diklasifikasikan terlebih dahulu.

Dia mencotohkan, keretas suara bagi peserta pemilu calon presiden dan wakil presiden, serta Dewan Perwakiln Daerah (DPD) RI. Masing-masing terdapat foto calon.”Jika kemudian ditemukan terdapat gambar yang buram atau tidak jelas, ini sudah masuk kategori rusak dan harus diminta ganti dari penyedia,” imbuhnya.

Namun jika hanya bercak sedikit dan wajah masih bisa dikenali, itu masih bisa ditolerir. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER