asd
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Soal Perpustakaan SMA Negeri 6 Berau Juara 2 Nasional, DPK Kaltim: Kita Patut Berbangga

SAMARINDA – Perpustakaan SMA Negeri 6 Berau berhasil menjadi Juara 2 Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik tingkat Nasional Klaster III, setelah diumumkan pada Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perguruan Tinggi Tahun 2023 di Royal Kuningan Hotel Jumat (15/9/2023) lalu.

Sebelum diumumkan pemenang, Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca (BP3KM) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kaltim, Taufik mengatakan, semua nominator perpustakaan melalui rangkaian seleksi dan penilaian wakil terbaik Perpustakaan SMA/SMK/MA di Tingkat Provinsi, sampai saatnya seluruh wakil terbaik provinsi bersiap diri mengikuti perlombaan di Tingkat Nasional.

“Ini adalah jenjang yang satu-satunya dikompetisikan ke tingkat nasional, dan Kaltim juga mendapat tempat untuk mengirimkan wakilnya ke ajang lomba perpustakaan nasional ini,” ungkap Taufik.

Selanjutnya Tim Juri Tingkat Nasional kemudian melakukan verifikasi berkas dan menilai, menimbang serta menetapkan keputusan terhadap keikutsertaan 32 Perpustakaan SMA/SMK/MA terbaik wakil dari masing-masing provinsi. Verifikasi berlangsung pada tanggal 1 – 15 Juni 2023.

Rapat koordinasi penilaian berkas dan penetapan 17 nominasi yang berhak untuk lanjut ke tahap visitasi dan presentasi tingkat nasional berlangsung tanggal 20 – 22 Juni 2023 bertempat di Perpusnas RI Jakarta secara daring.

“Penilaian akhirnya SMA 6 Berau itu masuk 17 besar ke grand final,” ujarnya.

Kemudian 17 Nominasi dibagi menjadi Claster Perguruan Tinggi/ Universitas, Klaster I, Klaster II, Klaster III dan Klaster IV dan semua nominator mengikuti grand final 15 September 2023. Rangkaian telah selesai dilakukan pada hari itu juga, tiba saatnya pengumuman pemenang sekaligus menutup kegiatan lomba.

“Untuk SMAN 6 Berau ini masuk Klaster III yang bersaing bersama 4 Nominator lainnya yakni dari Perpustakaan SMA Negeri 1 Mawasangka, Perpustakaan Eysendring SMA Negeri 1 Gorontalo, Perpustakaan Cakrawala SMA Negeri 3 Bengkayang, dan Perpustakaan Sapta Pustaka SMK Negeri 1 Praya Tengah,” katanya.

Perpustakaan SMA Negeri 6 Berau keluar sebagai Juara 2 Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA tingkat nasional tahun 2023 Klaster III tersebut. Dan Perpustakaan SMA Negeri 1 Mawasangka yang menyabet juara 1.

“Walaupun juara 2, ini merupakan prestasi terbaik untuk kita di tingkat nasional, semoga bisa perpustakaan yang lain dan tahun berikutnya bisa kembali juara” tutupnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER