spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Simulasi Pemungutan Suara Berlangsung Aman

TANJUNG SELOR – Simulasi pemungutan suara, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan, beberapa waktu lalu berlangsung dengan aman dan lancar.

Simulasi tersebut dimulai sejak pukul 07.45 wita. Meskipun, cuaca tidak bersahabat karena dibarengi dengan hujan yang begitu deras, tapi semangat panitia yang merupakan gabungan PPK, PPS dan calon KPPS, tidak menyulut sehingga prosesi itu berjalan lancar, hingga malam hari.

Simulasi ini, dipantau langsung oleh KPU Bulungan, Bawaslu Bulungan dan KPU Kaltara. Bertempat di halaman kantor KPU Bulungan jalan Ulin Tanjung Selor, simulasi pemungutan suara dilakukan sebagai bentuk persiapan menuju Pemilihan Umum secara serentak pada 14 februari 2024 mendatang.

Ketua KPU Bulungan Lili Suryani di kesempatan itu menjelaskan, pada saat pelaksanaan pemungutan suara, prosesi simulasi itu sama persis dengan hari-H pemungutan suara.

“Iya, bapak dan ibu harus perhatikan betul-betul simulasi ini. Karena, simulasi hari ini persis nantinya pada saat pencoblosan pada 14 Februari 2024,” ucap Lili Suryani,beberapa waktu lalu.

Dia menegaskan, petugas KPPS mesti membuka TPS tepat pada pukul 07.00 wita, pada saat hari pencoblosan suara. Sehingga, sebelum waktu itu, kesiapan TPS sudah dalam keadaan ready. Dan paling penting harus di ingat, saat pencoblosan siapapun itu dilarang untuk membawa handphone dalam TPS, apalagi di bilik suara.

Baca Juga:   DPO Kasus Money Politic Jadi Incaran Kepolisian

“Pastikan Itu tidak boleh,” tegasnya.

Selaian itu, di dalam TPS mesti steril artinya selain pemilih, petugas, pengawas dan saksi itu tidak boleh berada dalam TPS.

“Iya, itupun jumlahnya terbatas. Artinya, yang tidak berkepentingan dilarang asal masuk dalam TPS,” urainya.

Pada kesempatan itu, terpantau disaksikan langsung oleh ketua KPU Kaltara, Suryanata Al-Islami. Dia menyaksikan prosesi itu hingga hampir selesai pelaksanaan simulasi pemungutan suara.

“Simulasi ini, memang dibuat semaksimal mungkin seperti pada saat pelaksanaan,” simpulnya.

Dia berharap, penyelenggara teknis pemilu dapat menjalankan tugasnya dengan sungguh, sehingga pelaksanaan pesta demokrasi dapat berjalan lancar, aman dan damai. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER