spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seleksi di Lingkup Pemkab Bulungan, Mengerucut Jadi Tiga Nama

TANJUNG SELOR – Pengumuman hasil seleksi terbuka (selter) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bulungan telah dikeluarkan.

Selter tersebut diperuntukkan bagi enam jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP). Sebelumnya, total peserta yang mendaftar mencapai 30 orang.

Tiap posisi jabatan telah mengerucut menjadi tiga nama. Ketiga nama tersebut nantinya akan diserahkan langsung ke Bupati Bulungan, Syarwani. “Mereka semua telah mengikuti tahapan seleksi oleh tim melalui panitia seleksi (pansel),” ucap Kepala BKPSDM Bulungan, Nurdiana, Selasa (26/12/2023).

Berdasarkan hasil dari pembuatan makalah dan tes wawancara tersebut, terdapat 18 nama yang berpeluang menduduki tiga kursi jabatan setingkat kepala dinas.

Hasil selter ini terlebih dahulu dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk permohonan rekomendasi pelantikan. Sesuai jadwal, pelantikan akan dilakukan pada 9 Januari 2024.

Kemudian, terkait siapa yang akan ditunjuk untuk menduduki kursi pejabat definitif, Nurdiana menegaskan bahwa kewenangan berada pada kepala daerah.

Proses seleksi PNS dengan metode Selter ini merupakan upaya dari pemerintah untuk memilih pejabat yang berkualitas sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Baca Juga:   Gelontorkan Anggaran Miliaran, Perkuat Literasi dan Numerasi

Pasalnya, metode ini memberikan kesempatan yang sama bagi mereka yang ingin berkarir di lingkup pemerintahan.

“Kemampuan kepemimpinan, keterampilan interpersonal, dan kemampuan beradaptasi menjadi faktor penting lainnya, karena menjadi pemimpin tidak hanya bertanggung jawab untuk satu hal, tetapi mampu mengurusi banyak hal sekaligus,” ujarnya.

Selain kepemilikan kompetensi teknis, kemampuan intelektual dan kepribadian juga menjadi bagian penting yang diperlukan.

Melalui selter, diharapkan nantinya pemimpin yang terpilih merupakan orang yang pantas dan mampu memimpin serta mengambil keputusan untuk masyarakat. (tin)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER