spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Saat Pandemi Covid-19, Jumlah Penduduk di Samarinda Menurun


SAMARINDA – Pandemi COVID-19 memang telah usai, namun masih banyak hal-hal yang menjadi pertanyaan bagi masyarakat tentang dampak-dampak yang terjadi, termasuk data kependudukan di  kota  Samarinda yang tercatat turun drastis. Hal  ini dikatakan Arsiparis Ahli Madya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Kalimantan Timur Risnawati SE MM

“Salah satu yang menjadi hot issue saat penyelamatan Arsip Covid-19 adalah  jumlah penduduk Samarinda yang turun drastis,” ungkapnya, Jumat (27/10/2023).

Hal ini terungkap saat pihaknya melakukan penyelamatan arsip COVID-19. Oleh sebab itu hal ini bisa dijadikan bahan penelitian oleh lembaga penelitian, apakah penurunan angka penduduk ini karena adanya pandemi atau karena perpindahan penduduk.

“Nah makanya ini jadi hot issue. Apakah karena pandemi atau perpindahan penduduk,” ujarnya.

Berdasarkan databyang dirilis  Direktorat Jendral (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), jumlah penduduk di Kota Samarinda  ada sebanyak 825,490 ribu jiwa pada Juni 2021. Sedangkan di tahun 2020 hasil sensus penduduk Samarinda adalah sebanyak 827.994 jiwa.

Baca Juga:   Sambangi DPK Kaltim, DPMPTSP Mahulu Pelajari Aplikasi Srikandi

Ada penurunan hampir di angka  3.000 jiwa, penduduk Samarinda berkurang dari tahun 2020 ke tahun 2021. Hal ini masih memerlukan kajian apakah karena dampak pandemi COVID-19, perpindahan penduduk atau salah perhitungan. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER