spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Raker Apeksi Regional Kalimantan jadi Wadah Penguatan Sinergi dan Kolaborasi

TARAKAN – Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan yang digelar di Kota Tarakan secara resmi dibuka. Rapat kerja tersebut dibuka langsung oleh Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto di Hotel Tarakan Plaza pada Senin, (9/10/2023).

Wali Kota Tarakan, Khairul menjelaskan, pertemuan para Wali Kota se-Kalimantan ini, merupakan wadah penguatan sinergi dan kolaborasi dalam rangka memperjuangkan aspirasi pemerintah dan masyarakat perkotaan. Melalui rapat kerja ini, dia berharap dapat bermanfaat kepada seluruh daerah di Kalimantan.

“Salam takzim kami dari masyarakat Tarakan bagi Bapak dan Ibu sekalian dari kota-kota di Kalimantan. Saya berharap, yakin, dan percaya APEKSI bisa memberikan manfaat yang banyak untuk masyarakat,” ucap Khairul dalam sambutannya.

Dia mengatakan, Tarakan memiliki luas wilayah yang cukup kecil hanya sekitar 250,8 km. Hanya saja, wilayah yang kecil tersebut berbanding terbalik dengan jumlah penduduk Tarakan yang sangat banyak mencapai 300 ribu. “Jadi kalau kita liyat luas wilayah Tarakan ini hanya 0,33 persen dari luar wilayah Kaltara, tidak sampai satu persen. Tapi penduduknya itu hampir 40 persen tinggal di Tarakan,” ungkapnya.

Baca Juga:   Tarakan Kekurangan Penyuluh Pertanian

Dengan jumlah penduduk yang cukup besar tersebut, Khairul tak menampik menjadi tantangan tersendiri dalam mengembangkan Kota Tarakan. Namun dia menilai hal itu tidak menjadi masalah berarti karena pembangunan di Tarakan terbilang berhasil. Salah satu bukti nyata, kata dia, penurunan angka stunting di Kota Tarakan.

Dikatakannya, Tarakan merupakan kota yang telah menurunkan angka stunting dari 25,9 persen menjadi 15,4 persen pada 2022 lalu.  Menurutnya, penurunan angka stunting ini bisa berhasil  ditangani pemerintah kota berkat kolaborasi dari seluruh pihak.

Untuk diketahui, rapat kerja ini akan membahas tema utama “Sinergisitas Stakeholder Penurunan Stunting”. Selanjutnya juga dibahas berbagai rekomendasi dari kota-kota se-Kalimantan yang akan dibawa menjadi rekomendasi APEKSI Pusat bagi Pemerintah. Dalam rapat kerja ini, Tarakan dipilih menjadi tuan rumah APEKSI regional Kalimantan dan dihadiri sembilan anggota kepala daerah. Adapun sembilan anggota dalam APEKSI regional Kalimantan adalah Banjarmasin, Balikpapan, Palangka Raya, Pontianak, Banjarbaru, Singkawang, Bontang, Samarinda dan Tarakan. (apc/and)

Baca Juga:   Pesawat Smart Air Jatuh di Binuang, Pilot Selamat dan Teknisi Meninggal Dunia

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER