spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Tarakan Tingkatkan Patroli Siber Jelang Pemilu 2024

TARAKAN – Polres Tarakan akan meningkatkan patroli siber menjelang Pemilu 2024 untuk mengantisipasi berita dan informasi bohong (hoaks) di media sosial. Hal tersebut disampaikan Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona saat ditemui di Tarakan, baru-baru ini

“Pengawasan di media sosial ini dilakukan guna mendukung tahapan Pemilu 2024 yang tengah berjalan,” kata Kapolres Tarakan, AKBP Ronaldo Maradona.

Dia menyebut sejauh ini kontestasi politik 2024 masih terpantau aman di Tarakan. Dari hasil patroli siber yang sudah dilakukan menunjukan hasil yang positif.

“Masih terpantau kondusif semua. Kita jaga koridor demokrasi. Kalau orang menyoroti atau memberikan pendapat tidak papa. Yang penting jangan berita bohong, ujaran kebencian dan sara,” ucapnya.

Ronaldo juga mengharapkan peran media untuk ikut mengawal pesta demokrasi. Dia menegaskan peran media harus lebih mendidik dan memberikan informasi yang bersifat fakta untuk disajikan.

“Jadi saya berharap kita menjadi agen perubahan menjadi lebih baik dan sifatnya kedamaian. Menjelang tahun politik ini, apa yang disampaikan oleh media sifatnya menyejukkan,” ucapnya.

Baca Juga:   Warga Keluhkan Pasar Murah di Karang Anyar Pantai, Harganya Beda Tipis dengan di Toko

Meskipun media memiliki kebebasan pers dalam penyampaian informasi ke masyarakat, diharapkan tidak ikut memberitakan yang sifatnya memprovokasi atau memecah belah, pada saat moment pemilu.

“Artinya kita siap mengandeng semua media pada saat moment pemilu. Untuk menangkal isu atau berita hoaks yang menyebar di medsos,” kata Kapolres.

Tak hanya media, menurutnya, menciptakan keamanan dan ketertiban di tahun politik ini merupakan tanggungjawab semua pihak. Sejauh ini, Polres Tarakan belum mendapati berita hoaks dan berita yang memprovokasi menjelang pemilu 2024.

Pihaknya juga terus melakukan pemantauan di media sosial terhadap kerawanan yang terjadi menjelang pemilu, selain pemantauan berita hoaks.

“Masih terus berjalan pemantauan titik rawan dan permasalahan apa yang sekiranya nanti bisa berpotensi selama tahun politik,” ucap Ronaldo. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER