spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pertemuan Rutin DWP DKISP Fokus Pemahaman Dasar Gender

TANJUNG SELOR – Darma Wanita Persatuan (DWP) pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian menggelar pertemuan rutin di Comment Center DKISP, Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara, Jumat (8/9/2023).

Pertemuan ini fokus membahas Konsep Dasar Gender untuk meningkatkan kesadaran anggota DWP DKISP tentang Kesetaraan Gender. Dimana, Ketua DWP, Rustiningsih, S.Pd, M.Eng, bertindak sebagai Narasumber.

Dalam paparannya, Rustiningsih menjelaskan bahwa konsep gender adalah konstruksi sosial yang dipengaruhi oleh budaya dan masyarakat.

“Gender bukanlah ditentukan oleh jenis kelamin, melainkan oleh peran, perilaku, dan harapan yang ditempatkan pada individu laki-laki dan perempuan,” kata Rustiningsih.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kesetaraan gender adalah kondisi di mana laki-laki dan perempuan memiliki hak dan peluang yang sama dalam semua bidang kehidupan. Kesetaraan gender penting untuk diwujudkan karena dapat meningkatkan kualitas hidup laki-laki dan perempuan, serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

“Kesetaraan gender tidak hanya menguntungkan perempuan, tetapi juga laki-laki. Laki-laki yang hidup dalam lingkungan yang menerapkan kesetaraan gender cenderung lebih menghargai perempuan dan lebih mungkin berbagi tanggung jawab rumah tangga dan pekerjaan,” ujar Rustiningsih.

Baca Juga:   Upaya Tekan Kemiskinan, Gubernur Apresiasi Tim SKALA

Pertemuan ini sangat penting dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran anggota DWP DKISP tentang pentingnya kesetaraan gender. Para anggota DWP DKISP diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang berperan dalam mewujudkan kesetaraan gender.

“DWP DKISP berkomitmen mendukung upaya mewujudkan kesetaraan gender. Kami yakin kesetaraan gender adalah kunci dalam menciptakan masyarakat yang adil dan sejahtera,” tandas Rustiningsih.

Sebagai informasi, pada pertemuan tersebut, anggota DWP DKISP juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan narasumber. Mereka mengajukan pertanyaan terkait konsep dasar gender, termasuk strategi untuk mempromosikan kesetaraan gender di keluarga, tempat kerja, dan dalam masyarakat. (dkisp)

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER